Klikbabel.com


Pariwisata Babel Akan Terkoneksi ke Malaysia dan Thailand

Rabu, 27 September 2017 | 11:05 WIB
Netty Muhani (Wanita yang memakai selempang), selaku Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Subregional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (ist)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Regional dan Subregional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Netty Muhani  mengatakan, Babel memiliki Pariwisata yang menjanjikan.

Hal tersebut dikatakannya saat memimpin National Secretariat Meeting untuk pertemuan Tingkat Tinggi Menteri IMT-GT ke-23, yang akan dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2017, di Hotel Novotel Bangka, Pangkalanbaru, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ia mengatakan, bahwa National Secretariat Meeting ini, merupakan persiapan bahan-bahan yang akan dibahas di level selanjutnya di senior official meeting dan ministerial meeting.

“Kita mempersiapkan semua bahan membahas secara detil, baik logistik acara dan  yang lebih penting substansi acara. Maksudnya, apa-apa saja keputusan-keputusan yang kita harapkan yang akan diambil pada pertemuan tingkat Menteri nanti. Di IMT-GT ini ada 7 bidang yang di kerjasamakan, pariwisata, perdagangan dan investasi, produk dan jasa halal, konektivitas transportasi dan ICT, SDM pendidikan dan kebudayaan, lingkungan,” jelasnya, Selasa (26/9/2017).

Ia juga mengatakan sebelumnya, sudah diadakan rapat yang saat ini dikonsolidasikan, persiapkan untuk laporan tingkat Menteri nanti. 

“Sebelum ini, di KTT Manila 29 April lalu, kita mengendorse pemimpin ketiga negara untuk mengesahkan dokumen perencanaan jangka panjang dan jangka menengah IMT-GT, yaitu Jangka panjang Vision 2036, dan Jangka Menengah Implementation Blue Print 2017-2021,” jelasnya.

"Dari kedua dokumen, masing-masing elemen membuat detail rencana aksi yang akan dilakukan selama 3 maupun 5 tahunnya. Juga List project-project prioritas infrastruktur 3 negara peserta," lanjutnya.

Ia juga menambahkan dari highlight 2 dokumen secara komprehensif yang sudah dibuat IMT-GT,  siap disahkan yaitu Tourism Frame Work, dimana ada suatu kerangka kerjasama IMTGT mengenai tujuan destinasi wisata yang dapat diimplementasikan, kedua University Network ada  24 universitas dari ketiga negara bergabung yang sudah membuat rencana aksi secara detil UNINET Strategy Action Plan. Dan Ada beberapa working group perlu dipecah menjadi subworking group yang akan mengerjakan data-data yang akan digunakan untuk IMTGT kali ini.

"Karena Babel ini kekuatan utama selain varietas unggulan, juga pariwisata yang menjanjikan dan potensinya sangat besar," ujarnya.

"Di IMTGT ini, ada single destination. Kita melihat negara tetangga Malaysia dan Thailand turisnya sangat banyak, Thailand setahun 36 juta, dan Malaysia 29 juta. Hal itu kalau kita mengkonekkan Babel dengan beberapa kota di negara itu, tentu akan menguntungkan pariwisata kita, dan itu bisa dikerjasamakan, tentu ada area kerjasama lain sesuai apa yang dibutuhkan Babel, produksi, pemasaran maupun teknologi,” jelasnya saat menutup pertemuan. 



Penulis  : Adet
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com