• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Program "KOTAKU" Bikin Kawasan Opas Indah Tampak Bersih

Sabtu, 23 September 2017 | 15:43 WIB
Kondisi jalan yang dibangun melalui program KOTAKU yang tinggal dalam tahap penyelesaian. Program ini membuat kawasan kelurahan Opas Indah terlihat bersih dan rapi.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Keseriusan Pemerintah Pusat untuk memberantas kawasan kumuh di beberapa daerah melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) mulai terihat wujudnya. Hal ini mulai terihat pada pemukiman masyarakat di kelurahan Opas Indah, kecamatan Taman Sari, Pangkalpinang yang diketahui beberapa bulan lalu terkesan kumuh. Dengan hadirnya jalan inspeksi yang dikerjakan oleh Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Permukiman Provinsi Bangka Belitung (Babel), saat ini nampak indah serta bersih. 

Kepala Satker Pengembangan Kawasan Pemukiman Provinsi Babel, Nurul Azmi mengatakan pembangunan jalan inspeksi yang menghubungkan antara kelurahan Opas Indah dengan kelurahan Gedung Nasional saat ini tinggal menunggu finishing saja atau sudah sekitar 90 persen. "Saat ini kita tinggal finishing, InsyaAllah bulan ini selesai jika tidak ada kendala apapun," ungkap Nurul, Sabtu (23/9/2017).

Kemudian dirinya berharap dengan terselesaikannya jalan inpeksi ini nanti mampu merubah kawasan kumuh menjadi suatu kawasan layak huni dan berkelanjutan serta menjadi kawasan percontohan (best practice) dengan nol persen kumuh yang memberi manfaat maksimal bagi masyarakat.

"Saya berharap masyarakat dapat menjaga infrastruktur yang telah dibangun dengan cara melakukan pola hidup bersih, agar memberi dampak sosial bagi kehidupan sehari-hari. Untuk Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri saya ingin lebih memprioritaskan kegiatan yang mendukung program pengurangan luasan kumuh agar target nol persen kumuh tahun 2019 bisa tercapai," harapnya. 

Diakui Nurul, untuk sumber dana guna merealisasikan jalan inpeksi ini pihaknya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) Tahun 2017. "Rencannya kita juga akan melakukan pembangunan jalan inspeksi lagi antara kelurahan Sumberjo dan kelurahan Opas pada tahun 2018 nanti. Akan tetapi kita tetap mengacu pada kesiapan anggaran dari pusat," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com