Klikbabel.com



Merawat Tradisi Nanggung Desa Petaling

Sabtu, 23 September 2017 | 13:03 WIB Dibaca sebanyak 440 kali
Suasana Mengenang 40 hari Almarhum Ayahanda dari Yendri Gemilang, di kediamannya. (Aditya/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Mendo Barat - Tradisi Nanggung masih terus dijaga oleh masyarakat Desa Petaling, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Hal tersebut dikatakan oleh Yendri Gemilang, salah satu artis Ibukota yang berasal dari Bangka Belitung, saat mengenang 40 hari Almarhum Ayahandanya, Jum'at (22/09/2017).

"Adat istiadat nganggung masih kental di daerah saya (Petaling), bahkan kerabat-kerabat dekat juga membawa makanan dari rumah masing-masing," ungkapnya.

Yendri juga menambahkan, dirinya rela pulang disaat job menyanyi di Ibukota Jakarta banyak, "Agar bisa mengirim do'a untuk almarhum ayah, dan juga kumpul sama keluarga," tambahnya.

Diwaktu yang sama, Haji Zul warga atau dikenal sesepuh warga Desa Petaling, juga mengatakan tradisi ini masih sangat kental, "Dari saya masih kecil, sekarang sudah berusia 60 an tahun, masih ada tradisi nganggung ini," ungkapnya.

"Tradisi ini ada karena semua masyarakat di sini, ikut belasungkawa dan turut membantu keluarga yang ditinggalkan," jelasnya menutup wawancara.



Penulis  : Adet
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com