Klikbabel.com


Video : Apdesi Basel Harapkan Bumdes Basel Dapat Pembinaan Berkelanjutan

Selasa, 19 September 2017 | 11:20 WIB Dibaca sebanyak 387 kali
Video wawancara Apdesi Basel Harapkan Bumdes Basel Dapat Pembinaan Berkelanjutan (Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Masih minimnya sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Bangka Selatan (Basel), membuat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( Apdesi ) Basel bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Potensi dan Kemandirian Desa (LPPKD) memfasilitasi Pemdes Se-Basel untuk mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Basel di Yogyakarta.

Tak hanya mengikuti Bimtek, para peserta juga diajak melakukan Study lapangan langsung ke Bumdes Tirta Mandiri Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang merupakan Bumdes terbaik seluruh Indonesia.

Menurut Humas Apdesi Abdul Gani didampingi Wakil Ketua Apdesi Rahmat seijin Ketua Apdesi Basel Basahir kepada awak media mengatakan, kegiatan dilaksanakan selama 5 hari tersebut yakni mulai tanggal 11-15 September 2017. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan out put bagi Bumdes di Basel agar mampu mengembangkan potensi ekonomi desa yang berujung kepada kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

"Output dari kegiatan ini adalah kesejahteraan ekonomi rakyat melalui Bumdes. Oleh karena itu mari kita segera kembangkan Bumdes kita dengan bekal tambahan yang kita dapatkan dari kegiatan ini," ungkapnya.

Sementara itu Wakil ketua Apdesi Rahmat mengatakan Pembinaan aparatur desa dan pengurus Bumdes memang sangat dibutuhkan mengingat SDM di Basel masih sangat terbatas dalam mengurus Bumdes. 

Ia berharap pelatihan dan pembinaan terhadap Bumdes tidak hanya selesai sampai disitu saja agar para pelaku Bumdes dapat mendapat ilmu dan inspirasi baru untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di desa masing-masing.

"SDM kita ini kan masih terbatas sehingga pembinaan secara kontinyu oleh siapa saja dan dari mana saja sangat diperlukan agar pelaku Bumdes ini mendapatkan Ilmu dan inspirasi baru dalam mengembangkan potensi ekonomi di desa masing-masing," ungkapnya kepada Awak media disela-sela acara kunjungan ke Bumdes Tirta Mandiri Ponggok beberapa waktu lalu.



Penulis  : Wiwin
Editor    :
Sumber : https://www.youtube.com/embed/mbahEgwrOFs