Klikbabel.com


Rempah Ini Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Selasa, 19 September 2017 | 15:04 WIB
Ilustrasi

Klikbabel.com - Bagi sebagian orang yang sudah menginjak usia dewasa terlebih tua, kerap bermasalah dengan kondisi ingatan yang semakin menurun. Namun, belakangan ini masalah memori tidak hanya menyerang mereka yang berusia renta. Kaum muda pun tidak sedikit yang mengalami 'pikun dini', meski usianya relatif muda.

Namun jangan khawatir, Anda cukup menambahkan bumbu ini ke makanan Anda untuk mengatasi terus menurunnya kemampuan memori (otak), yaitu Kunyit.

Dilansir steptohealth.com, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2017, mengkonsumsi Kunyit dapat membantu memperbaiki daya ingat dalam waktu yang sangat singkat.

Kunyit sebenarnya rempah-rempah yang berasal dari India, tanaman yang akarnya sangat mirip jahe. Biasanya, sangat umum digunakan sebagai rempah-rempah di Asia.

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa, Kunyit dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, selain juga memiliki sifat anti-kanker dan mengandung antioksidan.

Studi lain yang terkait dengan kontrol plasebo mempelajari efek kurkumin, salah satu senyawa yang terkandung pada Kunyit, terutama bagi orang dewasa sehat secara mental antara usia 70 dan 85 tahun.

Dalam riset tersebut, hanya satu jam setelah makan Kunyit, peserta studi mengaku kinerja memori mereka mengalami peningkatan. Setelah empat minggu, orang yang mengkonsumsi Kunyit melaporkan bahwa tingkat energi mereka telah naik. Hal ini juga tercermin dalam suasana hati mereka, yang telah meningkat pesat.

Kunyit dan Alzheimer

Kunyit juga merupakan rempah yang sangat cocok bagi penderita penyakit Alzheimer. Orang yang menderita Alzheimer memiliki gejala tertentu seperti iritabilitas, agitasi, kecemasan, dan apatis.

Namun, menurut data yang dikeluarkan oleh studi lain, mengkonsumsi Kunyit bisa menjadi jawaban atas masalah mereka. Dalam kasus ini, peserta mengambil Kurkumin 100 mg sehari selama 12 minggu. Selama 2 pekan, mereka mengalami peningkatan gejala positif.

Jika Anda ingin menambahkan Kunyit ke makanan Anda, takaran yang pas untuk ditambahkan ke piring adalah satu sendok teh (5 g). Anda bisa menggunakannya sebagai campuran nasi, pasta, sup, saus, kacang, salad, dan sayuran yang dimasak.

Anda juga bisa menggunakan kombinasi Kunyit dengan telur dan ikan. Alternatif pemakaian Kunyit terbilang sangat murah, meskipun tidak semua orang menyukai aroma dan rasanya yang 'aneh' jika dimakan secara langsung.

Meski baik untuk kesehatan Anda, mengkonsumsi Kunyit sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau siapa saja yang memiliki masalah kantong empedu.

Selain untuk meningkatkan daya ingat, Kunyit juga bagus untuk orang yang sedang bermasalah dengan kulit. Anda bisa menggunakannya dalam bentuk bubuk. Kunyit bagus untuk mengobati masalah seperti jamur dan psoriasis. Kunyit juga sangat efektif untuk melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Selamat Mencoba.



Penulis  :
Editor    :
Sumber : steptohealth.com