• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bahrul dan Bunga Dinobatkan jadi Bujang Dayang Beltim

Senin, 11 September 2017 | 14:53 WIB
Grand Final Bujang Dayang yang berlangsung di kawasan Pantai Nyiur Melambai, Sabtu (9/9/2017) malam. (ist)

Klikbabel.com, Manggar -  Bahrul Ulum (Manggar) dan Bunga Setya Ningrum (Damar), terpilih menjadi Bujang Dayang belitung Timur tahun 2017. Keduanya dinobatkan sebagai duta pariwisata Beltim, dalam Grand Final Bujang Dayang yang berlangsung di kawasan Pantai Nyiur Melambai, Sabtu (9/9/2017) malam.

Meskipun tampak terkejut, senyum keduanya tampak mengembang saat diserahkan tongkat oleh Bujang Dayang Beltim 2016. Keduanya terpilih sebagai duta wisata Belitung Timur 2017 menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya, "Gak pernah nyangka," kata Bunga, siswi berusia 16 tahun asal SMA N 1 Manggar itu.

Baik Bunga ataupun Bahrul, keduanya mengaku memang mengincar gelar ini sejak jauh hari. Bunga misalnya, sampai menyiapkan diri selama tiga bulan untuk menguikuti Bujang Dayang Beltim 2017. Selama waktu tersebut, dia berkunjung ke Ketua Adat di Kecamatan Damar untuk menambah wawasan budaya serta berkunjung ke rumah-rumah senior-seniornya yng telah mengikuti ajang ini guna belajar.

"Kemudian, saya juga belajar dari internet," ujar anak pertama dari tiga saudara pasangan Rodianto dan Sarmina itu.

Karena persiapan yang matang itu, Bunga terdengar lancar menjawab pertanyaan dari dewan juri. Setelah terpilih, Bunga berencana untuk menerapkan programnya sebagai Dayang Beltim. Dia ingin berbuat sesuatu untuk pariwisata Beltim.

"Kami mau jalani program yang kami buat, pentas seni untuk mempromosikan budaya Beltim dan ingin membikin miniatur objek pariwisata di Beltim," ujarnya.

Jika Bunga menyiapkan waktu selama tiga bulan, Bujang Beltim 2017 Terpilih Bahrul Ulum justru hanya seminggu menyiapkan dirinya untuk mengikuti ajang ini. Itu karena ia sedang mengenyam pendidikan tinggi di Sekolat Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta.

Pemuda berusia 18 tahun itu pulang khusus untuk ikut Bujang Dayang Beltim 2017. Tekadnya itu terbukti, setidaknya saat menjalani sesi tanya jawab, putra dari pasangan Budi Apriadi dan Roliyati itu sama sekali tak gugup menjawab pertanyaan acak yang diajukan dewan juri. 

"Karena status Bujang Dayang itu. Informasi pariwisata dari seorang dengan status Bujang lebih dipercaya orang," kata Bahrul.

Usai terpilih, Bahrul juga mengaku akan menjalankan programnya sebagai Bujang Beltim Terpilih 21017. Dia sudah menyiapkan program-program baik ketika berada di Belitung ataupun mempromosikan Belitong di Yogyakarta.

"Saya sudah menyusun proger saat di Belitung, di Yogyakarta juga saya siapkan program kerja," ujar penghobi photography ini.

Seabrek kegiatan telah mereka ikuti hingga penobatan Bujang Dayang Beltim 2017 terpilih pada malam grandfinal, Sabtu (9/9/2017) malam.

Selama empat hari para finalis diberikan materi tentang pariwisata, Bahasa Inggris, budaya adat istiadat, city tour, Beauty Class, koreografi, hingga unjuk bakat.  

"Kami ingin menghasilkan SDM unggulan melalui ajang ini. Karena berdasarkan data, para finalisnya selalu diterima bekerja di instansi pemerintah ataupun swasta,"  ujar Kepala Disbudpar Beltim, Helly Tjandra dalam sambutannya.

Pemenang Bujang Dayang Beltim 2017 akan mendapatkan sejumlah hadiah. Juara 1 misalnya akan mewakili Beltim untuk kompetisi serupa di tingkat Provinsi Bangka Belitung. Adapun hadiah lainnya berupa uang pembinaan, berkeliling Bandung, Jawa Barat, tiket Pergi-Pulang Tanjungpandan-Jakarta, dan berbagai macam hadiah lainnya.

Berikut Pemenang Bujang Dayang Beltim 2017:

Bujang Dayang Beltim 2017:  Bahrul Ulum (Manggar) dan Bunga Setya Ningrum (Damar)
Runner Up 1: Yoga Pratama Hardi (Manggar) dan Dini Laetita (Simpang Pesak)
Favorit :  Febri Heryo Yudanto (Kelapa Kampit) dan Dhita Ayu Kinantari (Manggar)
Persahabatan:  Irwan Efendi (Manggar) dan Sioca Aulia (Simpang Renggiang)
Intelegensia :  Yoga Pratama Hardi (Manggar) dan Dhita Ayu Kinantari (Manggar)

(Sumber: Panitia Pemilihan Bujang Dayang Beltim 2017)



Penulis  : Suharli
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com