Klikbabel.com


Sembahyang Rebut jadi Agenda Pariwisata Bangka Barat

Rabu, 06 September 2017 | 10:21 WIB
Masyarakat etnis Tionghoa di Muntok, Bangka barat (Babar) melaksanakan tradisi Sembahyang Rebut di klenteng Kong Fuk Miaw terminal lama pasar Muntok, Selasa (5/9/2017) malam. (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Masyarakat etnis Tionghoa di Muntok, Bangka barat (Babar) melaksanakan tradisi Sembahyang Rebut. Tradisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut, dilangsungkan di klenteng Kong Fuk Miaw terminal lama pasar Muntok, Selasa (5/9/2017) malam.

Masyarakat berbondong-bondong ingin melihat langsung tradisi ini. Sebagian masyarakat memanfaatkan moment tersebut dengan mengais rejeki, berjualan di pelataran parkir terminal lama persis di depan kelenteng. Baik etnis Tionghoa dan Melayu bercampur baur, menandakan bahwa kehidupan rukun antara kedua etnis sudah tercipta semenjak lama di Babar.

Bukan hanya masyarakat, sore hari sekitar jam 17:30 wib, orang nomor satu di Bangka Barat, Drs.H.Parhan Ali menyempatkan diri bertandang ke Klenteng Kong Fuk Miau. 

Sementara itu, pada malam hari giliran Wakil Bupati Markus datang berbaur dengan masyarakat. Menurutnya perayaan Sembahyang Rebut di kelenteng Kong Fuk Miaw merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dan kedepan akan dijadikan agenda pariwisata.

"Kita hadir disini diundang sebagai panitia, kami sangat mengapresiasi kegiatan Sembahyang Rebut di Muntok ini karena kita tau ini agenda rutin yang dilaksanakan oleh kelenteng Kong Fuk Miaw. Tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa di Muntok," jelas Markus.

"Pemerintah daerah kabupaten Bangka Barat mendukung acara seperti ini, agar bisa dilestarikan terus menerus oleh masyarakat Muntok. Ini merupakan tradisi budaya. Kami sudah memasukkan Sembahyang Rebut ini menjadi agenda Dinas Pariwisata Kebudayaan Bangka Barat," tandasnya.



Penulis  : Ira
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com