Klikbabel.com


Masyarakat Tionghoa Kelapa Kampit Rayakan Chit Ngiat Pan Malam Ini

Selasa, 05 September 2017 | 09:06 WIB
Suasana Kelenteng Kelapa Kampit, Selasa (5/9/2017) pagi. (Suharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Kelapa Kampit - Dalam rangka menyambut perayaan Chit Ngiat Pan (Sembahyang Rebut), Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit Belitung Timur (Beltim), mengadakan acara  sembahyang  bersama dengan seluruh masyarakat Tionghoa di Belitung dan Beltim, Selasa (5/9/2017)  pukul 18.00 WIB hingga selesai.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk persiapan acara yang akan kami gelar," ungkap Mantan Ketua Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit, Kamarudin Muten, sekaligus panitia kegiatan, Senin (4/9) kemarin.

Menurutnya, perayaan  Sembahyang  Rebut merupakan kegiatan ritual yang diselenggarakan secara turun temurun oleh etnis Tionghoa, dan identik dengan adanya replika patung dewa. 

"Kegiatan ritual tahunan ini, selain untuk menambah amal juga untuk memupuk tali persaudaraan antar etnis Tionghoa," lanjutnya.

Afa sangat berharap, kedepan Pemda Beltim bisa sinergi, untuk menjadikan Chit Ngiat Pan (Sembahyang Rebut), sebagai tujuan wisata religi dan budaya.

"Tujuannya agar kegiatan ini nanti menjadi agenda kunjungan wisata tahunan. Sembahyang Rebut khususnya di Kelapa Kampit setiap tahun selalu dibuat meriah," harapnya.

Pada perayaan kali ini, panitia akan mengkolaborasikan kegiatan tersebut dengan perayaan HUT RI ke 72 tahun. Panitia tidak hanya mengadakan acara sembayang bersama, tetapi juga menghiasi halaman kelenteng dengan tema Kemerdekaan Indonesia. 

Selain itu Panitia juga sudah menyiapkan hiburan dengan menghadirkan artis Mandarin untuk menambah semaraknya kegiatan Sembayang Rebut. Afa juga turut mengundang warga untuk hadir menyaksikan, dengan menyiapkan beberapa hadiah Doorprize yang sudah disiapkan untuk semua warga dan masyarakat yang hadir.



Penulis  : Suharli
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com