Klikbabel.com


Tradisi Khataman Al-Quran yang Ada Sejak 41 Tahun

Senin, 04 September 2017 | 15:39 WIB
Warga desa Daya Baru Pal 4 Muntok, Bangka Barat mengarak peserta khatam Al-Quran.(Foto : Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Muntok - Ada yang menarik dari tradisi di desa Daya Baru Pal 4, kecamatan Muntok, Bangka Barat setiap memperingati bulan Dzulhijah atau menjelang Idul Adha. Warga setempat selalu menggelar tradisi khataman Al-Quran di masjid Ar-Rahman. Anak-anak yang telah mengkhatamkan Al-Quran kemudian akan diarak menggnakan tandu yang dihias seunik mungkin.

Seperti yang dilakukan warga desa Daya Baru Pal 4, Senin (4/9/2017). Mereka menggelar arak-arakan terhadap anak-anak yang telah khatam Al-Quran. Kepada klikbabel.com, Jamidi, selaku ketua panitia penyelenggara khataman Al-Quran mengatakan bahwa acara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan kegiatan ini sudah ada sejak 41 tahun yang lalu.

"Jadi Alhamdulillah sampai sekarang tradisi ini tetap kami pertahankan dan kebetulan dari pihak Pemerintah Kabupaten Bangka Barat ada respon terutama dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Alhamdulillah setiap tahun kami dapat bantuan," ujarnya kepada klikbabel.com, Senin (4/9/2017).

Selanjutnya, Jamidi menambahkan setiap tahun khataman Al-Quran ini selalu mengalami peningkatan, dan pada tahun ini ada 19 peserta yang telah khatam Al-Quran. "Tahun lalu ada 15 orang peserta dan tahun ini mengalami peningkatan sekitar 25%. Dan rata-rata pesertanya berasal dari kampung Daya Baru Pal 4 Muntok," jelasnya.

Ia pun menjelaskan, selain kegiatan khataman Al-Qur'an masih bamyak lagi kegiatan keagamaan yang diadakan di desa itu seperti memperingati maulid nabi, pawai obor menyambut bulan ramadhan dan masih banyak lagi. "Kalau bisa acara ini bisa lebih ditingkatkan lagi dan kalau bisa jangan dihilangkan dan dipertahankan karena ini adalah salah satu cermin budaya kita lestarikan," pintanya.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com