• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ziarah dan Do'a Arwah Raja-Raja Muntok di Makam Kute Seribu

Minggu, 03 September 2017 | 13:50 WIB
Sejumlah panitia sedang mempersiapkan kegiatan Ziarah dan Doa Arwah di Muntok, Pagi tadi. (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Tak hanya berlebaran dengan silaturahmi berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kerabat, ataupun memotong hewan qurban. Hari raya Idul Adha, juga oleh sebagian kalangan diisi dengan 'nyekar' atau ziarah kubur.

Tidak seperti Nyekar masyarakat pada umumnya, warga Muntok, Bangka Barat (Babar), setiap Idul Adha memiliki tradisi rutin setiap tahun yang dilaksanakan pada hari Ketiga Idul Adha.

Kegiatan ziarah dan do'a arwah atau yang lebih dikenal dengan nama Haul, merupakan tradisi yang dilakukan untuk mengenang dan mendoakan para raja-raja pemimpin Muntok yang dikubur di makam Kute Seribu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat. 

Kegiatan ini dimulai dari pagi hari sampai dengan selesai sholat Dzuhur. Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Burdah dan Qasidah, lalu arak-arakan menuju ke pemakaman, dilanjutkan dengan membaca Surah Yasin dan Tahlilan, Tausiyah dan ditutup dengan makan siang bersama.

Panitia kegiatan, Fuad mengatakan, acara ini sendiri telah lama dipersiapkan, "Habis lebaran Idul Fitri, acara ini sudah mulai kita persiapkan dari mengatur schedule, undangan panitia, mengatur ustad-ustad yang akan diundang, serta tamu-tamu yang akan datang. Alhamdulillah, untuk tahun ini tamu yang datang sangat ramai. Ada yang berasal dari Jakarta, Palembang, Bogor, Sukabumi serta dari Bangka Barat sampai Bangka Selatan," ujarnya kepada klikbabel.com, Minggu (3/9/2017).

Fuad menjelaskan, kegiatan ini ditujukan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah, silaturahmi dan untuk mengenang para raja-raja pemimpin Muntok terdahulu.

"Mereka bukan Pahlawan Nasional, tapi mereka telah mensyiarkan agama Islam di Muntok dan acara ini lebih dikhususkan untuk silaturahmi antar sesama Muslim," jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut Fuad, mendapat dukungan dari Pemda Bangka Barat karena dapat membantu sektor pariwisata di kota Muntok, Bangka Barat.

"Alhamdulillah pemerintah Babar maupun pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sangat mendukung kegiatan ini. Kami juga bekerjasama dengan pemerintah untuk bantuan dana dan koordinasi tempat lapangan, juga kegiatan ini diharapkan dapat membantu pariwisata di Kota Muntok ini," tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com