Klikbabel.com



Makan Bajamba, Tradisi Gotong Royong Masyarakat Minang

Minggu, 03 September 2017 | 15:01 WIB Dibaca sebanyak 618 kali
Makan Bajamba, Tradisi Gotong Royong Masyarakat Minang di Kabupaten Bangka. (Rolamsyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Sungailiat - Ikatan Keluarga Minangkabau Bangka (IKMB) menggelar Makan Bajamba atau makan bersama-sama di atas daun pisang, yang merupakan tradisi sifat kegotong-royongan masyarakat Minangkabau. Makan Bajamba tersebut dilaksanakan usai pemotongan hewan kurban 1 ekor Sapi di Musholla Al Muslimin, Jalan Tunghin, Sungailiat, Bangka, Minggu (03/08/2017).  

Ketua IKMB Kabupaten Bangka, Boy Yandra, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa warga Minangkabau yang berada di perantauan Kabupaten Bangka memang melakukan kurban Sapi. Dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat kurang mampu dan sisanya dimasak untuk dimakan bersama-sama atau Makan Bajamba untuk melepas rasa rindu kampung halaman.

‘’Warga Minang Bangka berkurban sapi dibagi-bagikan ke masyarakat setelah itu melanjutkan tradisi masak bersama-sama dan Makan Bajamba sebagai tradisi sifat gotong royong dan memecahkan masalah bersama. Barek samo dipikul ringan samo dijinjiang,’’ ungkapnya

Dikatakannya, adat Makan Bajamba ini memang sering dilakukan masyarakat minang di perantauan dimana biasanya di acara perkawinan atau acara adat lainya disiapkan sebuah piring besar dan diletakkan nasi beserta lauk pauknya untuk disantap secara bersama-sama.

Adapun kegiatan yang dilakukan masyarakat Minang Bangka, yakni Sabtu pagi dilakukan pemotongan hewan kurban berupa 1 ekor sapi yang mana setelah dilakukan pemotongan dan dagingnya telah dibagi-bagikan kepada masyarakat maka sisa daging tersebut dimasak secara bersama-sama diolah menjadi rendang atau gulai daging, kemudian disiapkan bebebarapa helai daun pisang yang di atasnya diletakkan nasi dan daging yang sudah dimasak untuk disantap bersama-sama yang merupakan budaya Minang yang selalu bersatu dan saling bergotong royong.

‘’Di Musholla ini juga menjadi tempat anak-anak belajar baca Al Quran. Adat makan bajamba ini walaupun di  rantau tetap diteruskan dan dengan budaya ini memperlihatkan bahwa orang minang selalu bersama, bersatu dan saling bergotong royong," jelasnya.



Penulis  : Rolamsyah
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com

Topik