Klikbabel.com


Final Perahu Dayung Tradisional Ajang Promosi Wisata Mangrove

Senin, 28 Agustus 2017 | 09:09 WIB
Lomba Perahu Dayung Tradisional di Sungai buding, Beltim. (SUharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Kelapa Kampit - Final Lomba Perahu Dayung tradisional yang rutin diselenggarakan di Sungai Buding, memperebutkan piala Bupati dan Camat dalam peringatan HUT RI ke-72 tahun, Minggu (27/8/2017) berlangsung meriah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Beltim Yusli Ihza, Plt Sekretaris Daerah Beltim Evi Nardi,  Wakapolres Beltim  Kompol Joko Triyono mewakili Kapolres Beltim AKBP Nono Wardoyo, Kapolsek Kelapa Kampit Iptu Antoni Saputra, Danramil 414-05/Kelapa Kampit Kampit Kapten (Inf.) Nasib Tanjung, Camat Kelapa Kampit Rodi Rosadi dan Kades Buding Mardini serta tamu undangan dari instansi lainnya.

Dalam sambutanya, Bupati Beltim manyampaikan "Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini, semoga di tahun depan bisa ditingkatkan lagi," ungkapnya.

Perlombaan Perahu Dayung Tradisional dibagi menjadi 3 kategori, memperebutkan Piala bergilir Bupati, Piala bergilir Camat, dan Campuran. Pertandingan sengit terjadi di masing masing kategori. Selain dibutuhkan keahlian khusus (mengunakan kaki untuk mendayung), juga diperlukan keseimbangan dalam mengayuh perahu.

Dari pantauan Klikbabel, kendala para peserta saat melawan arus sungai, dan memutarkan perahu untuk mengambil tanda sebagi simbol sudah mencapai batasan menuju garis finis, dengan jarak tempuh kurang lebih 1.200 meter.

Ditemui usai pertandingan lomba dayung, Wakapolres menyampaikan "Kami sangat mengaprisi kegiatan ini, semoga kedepanya lebih meriah lagi," ungkapnya.

Wakapolres juga mengimbau kepada penyelenggara acara untuk selalu memperhatikan segi keamanan baik dari peserta maupun para penonton. Perlombaan dayung tradisional ini juga dikawal oleh Tim Basarnas dan Tagana selama perlombaan berlangsung.

Lomba perahu Dayung Tradisonal sudah rutin dimulai sejak tahun 1970 di desa Buding. Nmun sempat vakum pada tahun 80an, dan diadakan kembali di 2014. Tujuan diselenggarakan lomba Perahu Dayung juga untuk mempromosikan wisata sungai Mangrove desa setempat.



Penulis  : Suharli
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com