• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Umah Ubi Atok Kulop, Bukan Sekedar Tempat Makan

Sabtu, 26 Agustus 2017 | 13:50 WIB
Manajer dan Pegawai Umah Ubi 'Atok Kulop'. (Yodea/Klikbabel.com)

KlikBabel.com, Pangkalpinang - Hidangan kuliner yang mengangkat tema "makan di kebon" ini disajikan di rumah makan Umah Ubi-Atok Kulop, yang berlokasi di komplek Citraland Pangkalpinang. Hal ini berawal dari cerita nostalgia seorang Ahmadi Sofian sang pemilik usaha kuliner ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Manager Umah Ubi-Atok Kulop, Muammar, kronologi berdirinya Umah Ubi - Atok Kulop dari keluarga sang pemilik pada zaman dulu, dimana para orang tua di desa-desa terutama yang memiliki anak banyak menggunakan ubi sebagai makanan pokok yang harganya murah dan mudah didapat.

"Orang dulu kan banyak anaknya dengan kondisi seperti itu ketika makan, biar keliatan lautnya banyak dicampur dengan ubi," ujarnya kepada Klikbabel.com, Sabtu (26/8/2018).

Lebih lanjut, dikatakannya nama “Atok” dalam bahasa daerah Bangka berarti kakek atau orang tua, sedangkan Kulop artinya anak kecil. Jika zaman sekarang, artinya kakek yang belum sunat.

"Kemungkinan karena dulu ada atok namanya Atok Kulop di Desa Kemuja sesuai dengan persis logo kami, dia orangnya cuek tapi baik dan perhatian. Itu alasan dari nama Atok Kulop ini," katanya.

Menariknya lagi, semua menu yang disajikan di Umah Ubi-Atok Kulop ini pun menggunakan piring dan mangkuk yang terbuat dari seng seperti zaman dulu. Kearifan lokal pun terasa dengan adanya dekorasi seperti Tudung Saji, Songkok Resam, Terindak, Suyak dan Pisau Karet yang biasa digunakan para orang zaman dulu.

Tak kalah menarik, di Umah Ubi-Atok Kulop, tersedia koleksi buku dari penulis asal Bangka Belitung. Untuk para pengunjung ketika mengunjung bisa baca buku dan meluangkan waktu dengan membaca sekaligus edukasi tentang sejarah Bangka.

"Umah Ubi Atok Kulop ini bukan hanya sekedar tempat makan tetapi juga sebagai wadah edukasi mengenali sejarah Bangka," tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com