Klikbabel.com


Sekolah Wajib Nyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza saat Upacara

Rabu, 23 Agustus 2017 | 16:14 WIB
Proses pengibaran bendera merah putih saat peringatan HUT RI ke-72 di Belitung Timur.(Foto :Suharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Jakarta - Lagu Indonesia Raya yang biasa dinyanyikan di seluruh sekolah di Indonesia akan diganti. Penggantian tersebut sebagaimana dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang lagu 'Indonesia Raya' 3 stanza.

Selama ini, lagu 'Indonesia Raya' yang dinyanyikan hanya satu stanza atau bagian pertama. Kini, anak sekolah harus diajarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. "Semoga ditularkan kepada seluruh sekolah. Karena upacara bendera di setiap sekolah harus menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' tiga stanza," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta beberapa waktu lalu.

Nantinya, kata Muhadjir, lagu Indonesia Raya 3 stanza karya Wage Rudolf Supratman ini dapat diunggah melalui internet. Pasalnya kewajiban tersebut karena memang lagu wajib setiap upacara bendera itu terdiri dari tiga stanza. "Nanti bisa di-download dari internet, kalau ada ya dibagikan CD, kalau masih ada. Jadi upacara bendera tiap Senin pakai lagu 3 stanza," ucap Muhadjir. 

"Kenapa tiga stanza? Karena itu keutuhan 'Indonesia Raya'. Karena yang biasa dinyanyikan itu bagian awal. Itu pendahuluan. Intinya di bagian tengah dan penutup di akhir," ucap Muhadjir. 

Kemendikbud berharap nasionalisme siswa bisa tumbuh dengan lagu 'Indonesia Raya' 3 stanza. "Semoga bibit-bibit nasionalisme akan muncul dari 3 stanza yang akan kita ajarkan kepada anak didik kita," tutur Muhadjir. Lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958. Aturan ini diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Sukarno pada 26 Juni 1958.

Berikut lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza :

Indonesia tanah yang suci, tanah kita yang sakti
Indonesia tanah berseri, tanah yang aku sayangi
Slamatkan rakyatnya, slamatkan puteranya
Majulah negerinya, majulah pandunya untuk Indonesia Raya
Tanahku, negeriku, yang kucinta
Hiduplah Indonesia Raya



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : detik