• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kenalkan Potensi Wisata, Pemuda Bangka ke Merbabu

Selasa, 22 Agustus 2017 | 11:10 WIB
Tim Ekspedisi Merah Putih asal Pulau Bangka saat di puncak Gunung Merbabu, Jawa Tengah. (Rolam/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Ekpedisi Merah Putih dalam rangka HUT RI ke 72 dilakukan sejumlah pemuda dari berbagai komunitas di Kabupaten Bangka. Ekpedisi yang telah dimulai sejak 12 Agustus lalu dan berakhir pada 19 Agustus ini, berhasil membawa 4 pemuda ke Puncak Gunung Merbabu di ketinggian 3.142 MDPL (Meter Diatas Permukaan laut) di Boyolali, Jawa Tengah.

Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih, Marwan alias Mandor sekaligus Sekretaris Kesatuan Pemuda Pesisir Matras menuturkan, Ekspedisi Merah Putih dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan. Antara lain workshop pelestarian lingkungan, penghijauan, pengolahan limbah organik dan an organik hingga tehnik dasar SAR.

"Rangkaian kegiatatannya diplot selama 7 hari penuh dengan pusat kegiatan di kawasan Gunung Merbabu. Kita bergabung bersama komunitas pecinta alam lainnya yang turut serta dalam kegiatan itu," ungkapnya saat wawancara di Sungailiat, Selasa (22/8/17).

Selain melakukan kegiatan yang bernuansa lingkungan, dilakukan juga bakti sosial berupa pembersihan sampah di sepanjang jalur pendakian serta promosi pariwisata daerah. Puncak acara kemudian dilakukan pendakian Puncak Merbabu dari jalur Selo sekaligus melakukan kampanye pelestarian Edelweis.

"Puncak Ekspedisi Merah Putih ditandai pendakian Gunung Merbabu yang berlangsung 8 jam. Setelah menginap di pos 5 atau sabana 2 kita kemudian summit pada waktu subuh. Alhamdulillah semua tim yang berjumlah 7 orang dari Bangka berhasil ke puncak Gunung Merbabu," katanya.

Kegiatan yang dilakukan secara swadaya ini, juga ditandai dengan pembagian stiker informasi Basecamp gratis kepada sesama pendaki maupun komunitas backpacker dan traveler. Basecamp gratis yang berada di Lingkungan Matras merupakan fasilitas yang diberikan bagi wisatawan segmen backpacker dan traveler guna memacu pertumbuhan wisata.

"Basecamp gratis yang telah kita siapkan setahunan ini kita perkenalkan lebih luas dalam Ekspedisi Merah Putih. Jadi kita harap datang backpacker dan traveler yang kita fasilitas penginapannya. Harapan kita, setelah mereka datang nantinya dapat bercerita, menulis pada blog ataupun medsosnya sehingga wisata kita di Bangka kian terkenal dan orang luar tertarik untuk datang," bebernya.

Selain diikuti 2 personil dari Kesatuan Pemuda Pesisir Matras Sungailiat, dalam ekspedisi kali ini diikuti juga perwakilan dari Komunitas Pecinta Alam dan Relawan (Pelawan) Babel dan Pesisir Matras Basecamp. Salah satu personel yang turut serta tercatat sebagai salah satu pelajar SMA Setia Budi Sungailiat atas nama Junika Rafizi.

"Kegiatan ini sangat positif untuk membentuk kepribadian, mental serta mendorong kemajuan wisata Kabupaten Bangka. Kita mulai mengenalkannya ke kalangan pelajar. Selanjutnya kita akan merencanakan kegiatan serupa dengan tempat tujuan berbeda," tutur Junika.

Loading...


Penulis  : Rolamsyah
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com