• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tumpukan Sampah Pawai Berkah Buat Pemulung

Minggu, 20 Agustus 2017 | 14:09 WIB
Salah satu pemulung memungut sampah yang bertebaran disepanjang rute karnaval.(Foto: Yodea Putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Pawai karnaval yang diselenggarakan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang dimulai pukul 09.00 Wib banyak diikuti peserta dengan menampilkan keunikannya masing-masing. Penonton pun berjubel di sepanjang jalan yang dilewati peserta pawai.

Seperti biasa, berlangsungnya pawai menimbulkan tumpukan sampah di seputaran jalan rute pawai. Seperti di jalan Pulau Bangka, jalan Depati Hamzah, jalan Sukarno Hatta, Jenderal Sudirman hingga finish Alun-alun Taman Merdeka. Disinilah menjadi berkah tersendiri bagi para pemulung. Seperti dikatakan Surya, salah satu pemulung asal Tasikmalaya. 

Dengan memanggul karung besar, dia memunguti sampah berupa koran bekas, tempat minum plastik, bekas botol mineral dan sampah lainnya yang laku dijual. "Alhamdulillah, dari kemarin saya telah mengumpulkan sebanyak 3 karung, hari ini sudah berkumpul 2 karung. Banyak sampah disini lumayan buat dikumpul dan dijual kembali," ujarnya sambil mengembangkan senyumnya.

Dia pun mengatakan, biasanya dirinya hanya bisa mengumpulkan satu hingga dua karung dengan Rp50 ribu per hari, dan sekarang sudah tiga karung dengan berkisar Rp100 ribu. "Kalau hari biasa hanya Rp50 ribu, namun sekarang dua kali lipat, karena banyaknya sampah plastik yang bertebaran disepanjang jalan pawai ini. Lumayan buat mencukupi kehidupan sehari-hari dan untuk bayar kontrakan rumah,"tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com