Klikbabel.com



Resmikan Museum Cual Ishadi, Gubernur Minta Ada Pelatihan Menenun

Selasa, 15 Agustus 2017 | 19:52 WIB Dibaca sebanyak 403 kali
Prosesi pemotongan pita pada peresmian Museum Cual Ishadi oleh Gubernur Babel. (Ruci/ Klikbabel.com)

Klilbabel.com, Pangkalpinang - Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman meresmikan Museum Cual Ishadi, Selasa (15/8/2017).  Peresmian digagas oleh Yayasan Ishadi Cual Pangkalpinang. Museum Kain Cual Ishadi ini sendiri terletak di Jalan Ahmad Yani No.46 Kota Pangkalpinang. 

Diresmikanya museum ini, Gubernur berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, terlebih kepada turis serta wisatawan lokal dan mancanegera agar lebih paham dan lebih menyukai karya kain Cual Babel.

"Pertama saya ucapakan selamat kepada Cual Ishadi yang telah mendirikan museum, sebagaimana diketahui kain Cual disini sudah ada yang berusia melebihi dari 300 tahun yang selama ini tidak kita ketahui," ucapnya.

Selain itu pula, dengan adanya museum ini dapat merubah wajah Kota Pangkalpinang terlebih menjadi salah satu destinasi wisata di Pangkalpinang. Gubernur juga mengimbau, adanya literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

"Jika tidak, kemungkinan melihat banyaknya wisatawan Chinese, maka harus juga dibuat literasi dalam bahasa Mandarin. Intinya dengan adanya museum ini sangat bagus, tapi hanya saja belum tentu orang tertarik datang kesini, dengan itu pengetahun tentang sejarahnya sangat perlu agar adanya pemberitahun tentang Cual tersebut," tegasnya. 

Dengan melihat pengrajin dan kain Cual yang hampir punah, kedepannya Erzaldi berharap adanya pelatihan khusus Cual tenun.



Penulis  : Ruci
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com