• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


PMI : Masyarakat Bisa Peroleh Darah Gratis

Selasa, 15 Agustus 2017 | 16:13 WIB
(Foto : Ilustrasi)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Masyarakat masih mengeluhkan tarif penebusan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI). Padahal masyarakat seharusnya bisa mengambil darah tanpa biaya pengganti dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Kepala bidang (Kabid) Mutu UTD PMI Kota Pangkalpinang, Nopriyandi menegaskan masyarakat Kota Pangkalpinang bisa mendapatkan kebutuhan darah secara gratis di PMI dengan catatan sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. "Selain itu akses terhadap darah gratis itu juga bisa didapatkan di rumah sakit di Pangkalpinang yang telah bekerjasama dengan BPJS,” ujarnya, Selasa (15/8/2017).

Selain itu, menanggapi anggapan dari masyarakat terhadap bantuan yang diterima oleh pemerintah kepada PMI, Nopriyadi menduga hal tersebut lantaran sejumlah masyarakat belum mengetahui sepenuhnya terkait pembiayaan untuk biaya pengganti darah.

“Bahwa anggaran pemerintah tidak ada untuk UTD PMI mungkin melainkan kepada unit PMI lainnya, masyarakat pun kurang tahu bahwa kantung darah, alat-alat lain PMI beli sendiri,” lugasnya.

Dirinya juga kembali menjelaskan, bahwa UTD PMI juga mendapatkan bantuan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yakni bahan pemeriksaan IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) yang didapatkan selama satu tahun sekali. Namun, selebihnya disiapkan sendiri oleh pihak UTD PMI.

"Sebenarnya masyarakat hanya belum tahu saja, dan hampir semua masyarakat sudah memanfaatkan persediaan darah yang dimiliki PMI dan masyarakat  menggunakan BPJS pun kepada PMI dinilai lancar," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com