• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kain Cual Ishadi Terbuat dari Benang Emas 18 Karat

Salah satu penenun di Museum Ishadi, Magdalena. (Yodea/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kain Cual di Museum Ishadi, terdapat berbahan baku benang emas 18 karat. Harga yang dipatok untuk kain Cual yang menjadi kebanggaan masyarakat Bangka ini, berkisar Rp2 juta hingga Rp5 juta, bergantung dari jenis kain yang digunakan.

"Harga jual kain cual ini tergantung dari motif dan bahan kain. Ada beberapa motif kain cual tersebut ada yang dibuat dengan menggunakan benang sutra dan bahkan ada yang dibuat dengan benang emas 18 karat," ungkap salah satu penenun di Museum Ishadi, Magdalena kepada Klikbabel.com di sela-sela peresmian Musem Ishadi Selasa, (15/8/2017).

Selanjutnya, ia menjelaskan adapun motif kain cual yang tersedia di Museum Ishadi seperti motif kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan bebek setaman. 

Disinggung terkait mahalnya harga, Magdalena mengatakan karena proses pembuatan kain cual yang ditenun bisa satu bulan hingga dua bulan. Dan tergantung dengan tingkat kesulitannya, yang bisa ditenun sampai enam bulan. Untuk kain cual yang murah biasanya menggunakan print.

"Untuk bahan bakunya pun mahal berkisar Rp450 ribu, harga benang Rp800 ribu, belum lagi bahan baku lainnya," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com