Klikbabel.com


Gubernur Babel Berlakukan Moratorium Ekspor Timah

Selasa, 15 Agustus 2017 | 16:22 WIB Dibaca sebanyak 401 kali
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat diwawancarai wartawan. Foto : (Rolamsyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Penyamun - Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dalam agendanya menghadiri peluncuran kegiatan reklamasi berkelanjutan Green For Good di daerah desa Penyamun, Kecamatan Pemali, menegaskan akan mencanangkan moratorium ekspor timah keluar daerah.

“Ini terjadi waktu banjir kemaren, di daerah area sekitar banjir Belitung dan Belitung Timur itu kita hentikan dulu sementara, sambil mendata dan mengirim konsultan untuk merestorasi lingkungan yang ada di situ. Tapi, sekarang sudah jalan, kita hanya minta dua minggu sebagai stretching bagi mereka untuk mengumpulkan data-data yang ada, katanya saat diwawancarai, Selasa (15/8/17).

 Dia ingin melihat seperti apa perizinan yang sudah dilakukan dalam pengiriman timah ini keluar daerah. “Data itu saya perlukan karena ingin melihat izin ini sejauh mana, pajakya seperti apa, pengirimannya seperti apa, jangan sampai alam kita terkuras duitnya pun tidak banyak dapet untuk pembangunan,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut banyak disinyalir melakukan pengiriman melalui pelabuhan tikus dan administrasi tersebut banyak pelanggaran dan hal tersebut harus diluruskan. “Penertiban ini dilakukan untuk lebih mengoptimalkan hasil timah tersebut, sama seperti apa yang saya lakukan kepada ICDX kemarin, itu karena kita melihat bahwa apa yang dilakukan ini tidak memberikan manfaat, kita sedih melihat kehancuran alam akibat penambangan ini sementara daerah dan masyarakat tidak mendapatkan sesuatu yang optimal untuk kemasalahan umat,” tegasnya.



Penulis  : Rolamsyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com