Klikbabel.com


Wisata Sungai Jeriji, Serasa Berada di Sungai Amazon

Rabu, 09 Agustus 2017 | 16:30 WIB
Ekawati Justiar bersama rombongan didampingi pemdes Jeriji dan Wartawan Klik Babel saat menjelajahi Sungai Jeriji. (Wiwin/ Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Negeri Junjung Besaoh, Bangka Selatan seakan tak habis menyajikan potensi wisata alamnya. Selain pantai dan wisata agro yang sudah terkenal, kali ini Bangka Selatan memperkenalkan wisata sungai.

Sungai Jeriji yang panjangnya mencapai ratusan meter, dipenuhi rimbunnya hutan Gelam dan Rasau (tumbuhan berdaun panjang berduri) disisi kiri kanan sungai, membuat pengunjung serasa sedang menjelajahi Sungai Amazon.

Berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan Gabus, Toman, Patung, Kepras, Palau, Baung dan ikan lainnya, banyak terdapat di sungai tersebut yang telah menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat Jeriji. Namun, dari sekian banyak jenis tersebut, yang sangat terkenal adalah Ikan Baung.

Tak heran sungai yang disebut oleh beberapa pehobi mancing sebagai "Little Amazon" ini, menjadi salah satu tujuan para mancing mania yang berasal dari berbagai daerah di Basel dan Babel, menyalurkan hobinya dengan tarikan ikan Baung yang membuat ketagihan

Setelah menjelajahi potensi pariwisata di Desa Serdang beberapa hari yang lalu, Ekawati Justiar juga tertarik untuk menjelajahi potensi pariwisata yang ada di Desa Jeriji Kecamatan Toboali, Bangka Selatan.

Ekawati Justiar, yang menjelajahi sungai tersebut, hari ini (9/8/2017) bersama Tim TIC Basel, Perangkat Desa Jeriji dan wartawan Klikbabel, menggunakan perahu motor penduduk setempat, mengatakan dirinya seperti menjelajahi Sungai Amazon.

"Saya senang sekali bisa menjelajahi sungai ini, susananya seperti menjelajahi Sungai Amazon. Apalagi ada pondok di pinggir sungai yang bisa digunakan untuk istirahat dan makan-makan. Potensi pariwisata ini perlu dikembangkan karena memiliki keunikan tersendiri," ungkapnya kepada Klikbabel.com.

Dirinya menyarankan, agar potensi tersebut segera dikelola oleh Pemdes Jeriji, terutama akses masuk yang mulai berlobang. Pengelolaan yang tepat, menurut Ekawati, akan menambah jumlah objek wisata yang ada di Basel, sehingga pada saat wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Basel, semakin betah berada di daerah ini.

Dirinya juga sempat diajak oleh Pemdes Jeriji mampir ke makam keramat Batin Jiwad, yang berada di pinggir sungai tersebut. Berdasarkan informasi dari PJ. Kades Jeriji, Batin Jiwad merupakan orang yang mendirikan desa Jeriji. Setibanya di makam tersebut, dirinya mengajak rombongan berdoa, agar amal kebaikan almarhum mendapat tempat yang layak.



Penulis  : Wiwin
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com