• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Aktivitas Tambang Diduga Cemari Sungai Jeriji

Rabu, 09 Agustus 2017 | 20:15 WIB
Bangkai ikan Baung yang mengapung di sungai Jeriji yang diduga disebabkan karena limbah pertambangan. (Wiwin/ Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Air Gegas -  Setelah mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Sungai Bencah dan Sungai Serdang, kini aktivitas tambang dibagian hulu yang terletak di Desa Bencah Kecamatan Air Gegas, Bangka Selatan, yang diduga dimiliki oleh mitra perusahaan plat merah mulai mencemari DAS di wilayah Sungai Jeriji sampai ke Sungai Kepoh dibagian paling hilir.

Sungai Bencah dan Serdang yang dikenal masyarakat dengan sungai Jeramba Panjang (Jembatan Panjang), dulunya memiliki air yang jernih. Namun seiring dengan maraknya aktivitas pertambangan di bagian hulu, air sungai tersebut sudah seperti air susu dan kotor.

Kini pencemaran tersebut mulai merambah ke sungai Jeriji sampai ke sungai Kepoh. Air sungai Jeriji sampai ke sungai Kepoh yang sebelumya jernih kini mulai keruh. Tak hanya itu, tak jarang ikan di sungai tersebut mati secara massal yang di duga diakibatkan oleh pencemaran limbah tambang di bagian hulu. 

Kondisi tersebut kini mulai mempengaruhi mata pencaharian masyarakat yang menggantungkan ekonomi keluarganya di sungai tersebut.

Saat wartawan Klik Babel menjelahi sungai tersebut, Rabu (9/8/2017), penduduk setempat yang enggan disebutkan namanya menunjukkan bangkai ikan yang mengapung di tengah-tengah sungai yang diduga disebabkan oleh limbah pertambangan.

" Kalau diracuni, bangkai ikannya itu warna ke biru-biruan pak di bagian perutnya. Ini tidak pak agak pucat, bangkai ikan yang kita temukan kondisinya sama. Kami menduga ini berasal dari limbah tambang di bagian hulu yang mulai mencemari sungai kami," jelasnya kepada KlikBabel.com.

Mereka berharap agar ada pihak yang bertanggung jawab terhadap pencemaran sungai tersebut dan meminta pihak terkait untuk mengambil tindakan agar mata pencaharian mereka tidak punah.

loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com