• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tanpa Id Khusus, Polda Babel Larang Wartawan Meliput Kapolri

Jumat, 04 Agustus 2017 | 12:14 WIB
Awak media duduk diluar gedung , tidak diperkenankan masuk meliput kegiatan Kapolri, karena tidak memiliki id card khusus dari Polda Babel. (Aldi Sutiawan/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Lawatan Kapolri Tito Karnavian ke Bangka Belitung, mendapat sorotan wartawan. Sejumlah wartawan di kota Pangkalpinang mengeluhkan pembatasan peliputan yang dilakukan oleh Polda Babel. Beberapa wartawan yang mendapat tugas meliput agenda kerja orang nomor satu di Kepolisian tersebut, terpaksa gigit jari. Pihak Polda Babel tidak memperkenankan wartawan meliput tanpa kartu khusus, yang dikeluarkan oleh pihaknya.

Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun'im, menyampaikan bahwa peliputan tersebut harus menggunakan tanda pengenal khusus yang telah disiapkan. Namun sayangnya, tidak semua media dan wartawan mendapat tanda pengenal tersebut, dengan alasan sudah habis.

"Peliputannya itu harus ada ID Card mas, itu sudah disediakan, tapi sekarang sudah habis " ujar Mun'im saat dihubungi Klikbabel.com, Jum'at (4/8/2017).

Mun'im beralasan bahwa pihaknya sudah mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada media dan wartawan untuk mengambil kartu pengenal tersebut. 

"Saya sudah menghubungi mas, tapi gak bisa dan saya juga sudah kirim sms, coba dilihat," kilahnya.

Namun ternyata, sejumlah wartawan merasa tidak pernah menerima pesan tersebut. Alhasil, wartawan yang sudah berada di lokasi kegiatan kunjungan Kapolri hanya bisa menunggu dari luar gedung.

Sikap Polda babel ini mendapat tanggapan dari salah satu wartawan, Ryan A Prakasa. Dirinya menyebutkan bahwa semestinya pihak Polda Babel berterimakasih kepada awak media karena telah meliput kegiatan Kapolri di Babel. 

"Semestinya pihak Polda Babel berterimakasih lantaran semangat awak media untuk bisa meliput kegiatan Kapolri di Bangka Belitung dan bukan menujukan sikap sebaliknya. Hal itu sebagai bentuk awak media lokal yang cinta dengan institusi Polri. Kebebasan pers itu sendiri sudah diatur dalam UU Pers, Pers bekerja profesional dan demi mnyampaikan informasi kepada publik," tegasnya.

Loading...


Penulis  : Aldi
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com