Klikbabel.com



Gula Aren Pasir Putih Diminati Wisatawan Nasional

Kamis, 03 Agustus 2017 | 09:33 WIB Dibaca sebanyak 428 kali
Gula aren Pasir Putih Toboali yang dijual di salah satu toko di Toboali, Bangka Selatan. (Foto : Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Gula aren atau akrab disebut masyarakat lokal dengan gula kabung ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Gula aren dari desa Pasir Putih kecamatan Tukak Sadai Bangka Selatan dikenal masih asli dari air aren yang dimasak hingga mengental tanpa dicampur dan kemudian dibekukan sehingga kualitasnya masih asli dan manisnya juga memang berasal dari air aren.

Tak heran gula aren dari desa Pasir Putih ini sangat diminati oleh wisatawan luar daerah khsususnya warga keturunan Tionghoa dari Jakarta, Surabaya dan Kalimantan untuk dikonsumsi sendiri dan untuk oleh-oleh. Menurut Achen (55) salah seorang warga Tionghoa asal Jakarta saat membeli gula aren di toko Patman mengungkapkan bahwa dirinya setiap ke Toboali selalu membeli gula aren asli tersebut.

"Awalnya saya tahu dari rekan saya Aliong kerabat kami kalau di Toboali masih ada jual gula aren yang asli akhirnya setiap ke Toboali saya beli untuk di konsumsi sendiri dan untuk oleh-oleh kerabat di Jakarta karena khasiatnya sangat baik untuk kesehatan," ungkapnya kepada klikbabel.com, Rabu (2/8/2017).

Sementara itu Patma (43) salah seorang Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjual gula aren dari Desa Pasir Putih tersebut mengungkapkan gula aren yang dijualnya selalu laris terjual meskipun harganya lebih mahal dari gula aren campuran "Meskipun harganya lebih mahal yakni Rp22.000 per kerek (Perbiji), gula ini selalu laris terjual bahkan seminggu saya habis menjual 100-150 kerek. Apalagi ada kunjungan orang keturunan Tionghoa dari Jakarta, Surabaya dan Kalimantan biasa mereka langsung borong," tutupnya.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com