• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BSM Sediakan 20 Ribu Riyal untuk Calon Jamaah Haji

Selasa, 01 Agustus 2017 | 21:43 WIB
Riyal, Mata uang Arab Saudi. (Foto : net)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Setiap memasuki musim haji, PT Bank Syariah Mandiri (BSM) membuka layanan penukaran uang Saudi Arabian Riyal (SAR) kepada para calon jamaah haji. Tahun ini, Bank Syariah Mandiri menyediakan 20 ribu Riyal untuk membantu kebutuhan para jamaah haji. "Setiap tahun kita menyiapkan sekitar 20 ribu SAR khusus nasabah, saat ini telah terjual di angka 14.250 SAR," ujar Service Manager PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Pangkalpinang, Ade Mulyawan kepada klikbabel.com, Selasa (1/8/2017).

Sejauh ini dijelaskannya, penukaran uang telah dilakukan oleh 18 jamaah dari total 76 calon jamaah yang terdaftar melalui BSM. "Tahun ini total jamaah 76 orang dalam ruang lingkup Pangkalpinang, namun kita juga mempunyai cabang dekat Sungailiat dan Tanjungpandan," terangnya.

Ade mengungkapkan jika penukaran tidak hanya berlaku bagi jamaah haji yang mendaftar melalui BSM saja. "Kita pun tidak menutup kemungkinan untuk nasabah bukan jamaah haji, kita terima untuk penukaran atau jual beli kurs riyal " katanya.

Dibanding tahun kemarin, tahun ini diakui Ade transaksi mengalami sedikit penurunan. "Khusus untuk penjualan SAR calon jamaah haji tahun ini memang sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu, hal ini disebabkan karena pada tahun lalu jumlah nasabah pelunasan haji di BSM Pangkalpinang berjumlah kurang lebih 90 jamaah, sedangkan tahun ini berjumlah 76 nasabah. Namun biasanya menjelang keberangkatan penjualan SAR akan semakin meningkat," jelasnya.

Untuk paket penukaran yang disediakan pihak BSM, kata Ade, telah disiapkan satu paket bertotalkan 500 SAR dengan pecahan yang telah ditentukan. "Dalam satu paket bertotalkan 500 SAR dengan pecahan yang telah ditentukan. Namun saat kita jual, dan permintaan dari nasabah berbeda. Akhirnya kita mengikuti permintaan yang dibutuhkan. Pecahan SAR yang disediakan pun 100, 50, 10, 5, dan 1," lugasnya.

"Tujuan dan manfaat untuk bank selain membantu nasabah dalam membeli atau menjual riyal dengan cepat dan mudah, nasabah dapat melakukan transaksi melalui rekening yang dimilikinya, sehingga lebih praktis. Penjualan uang SAR ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis treasuri sehingga bisa mendongkrak pendapatan berbasis komisi (fee base income),"tutupnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com