Klikbabel.com


KBIH Rumah Haji Berikan Bimbingan Manasik Haji

Senin, 31 Juli 2017 | 22:17 WIB
Herry Thalib, Owner Yayasan Rumah Haji Pangkalpinang. (Foto : Yodea)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Yayasan Rumah Haji Pangkalpinang memberikan pendidikan atau edukasi bimbingan manasik haji terbuka untuk semua kalangan. Dikatakan owner yayasan Rumah Haji Pangkalpinang, Herry Thalib tidak ada batasan bagi pihak manapun yang ingin mengikuti bimbingan ibadah haji ini.

"Jika untuk bimbangan tidak ada batasan peserta, tidak ada aturan untuk yang berangkat haji, Tidak ada batasan umur, tidak ada batasan travel setiap kalangan bisa mengikuti," ungkapnya kepada klikbabel.com, senin, (31/7/2017).

Selanjutnya, ia menjelaskan teori yang diberikan yaitu teori ibadah haji dan umrah serta prakteknya serta dilengkapi miniatur-miniatur haji. "Untuk teorinya pun terkait ibadah haji umroh dan prakteknya, kita ada program mabit (bermalam) selama satu malam akan didik apapun persiapan pergi haji tentang hal-hal ibadah sehari  ditambahkan dengan praktek karena kami telah ada miniatur ka'bah, minIatur jabal rahmah dan miniatur melempar jumrah," jelasnya.

"KBIH ini mempunyai Tim kesehatan ,tim fiqh, Tim sejarah kondisi saudi Arabia juga ada. Contohnya terkait materi tentang kesehatan akan dibahas oleh dokter" tambahnya.

Lebih lanjut, KBIH ini pun bekerja sama dengan pihak maskapai Garuda Indonesia untuk memberikan bimbingan selama berada didalam perjalanan. "Kami sudah lama bekerja sama dengan Garuda Indonesia, kita juga ada wacana dalam manasik. Kru Garuda Indonesia akan mendatangkan tim untuk memberikan edukasi bagaimana menggunakan bagasi pesawat, cara menggunakan toilet, menggunakan savety belt karena didalam perjalan akan menempuh selama 9 jam didalam pesawat" tuturnya.

"Untuk pendaftaran, tidak ada pendaftaran. Bagi yang ingin mengikuti manasik haji silahkan datang langsung di Masjid Kayu Tuatunu, bimbingan ini dilaksanakan setelah lebaran Idul Adha atau setelah pulangnya jamaah haji. Siapapun bisa mengikuti, karena bagi saya tidak ada batasan untuk belajar," tutupnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com