• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Prosesi Pengambilan Tanah di Kota Karang Sungai Cerucuk

Minggu, 30 Juli 2017 | 07:54 WIB
Bupati Belitung melakukan prosesi pengambilan tanah di kota karang sungai cerucuk. (Foto: Bambang Suherly/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Bupati Belitung H. Sahani Saleh atau yang lebih akrab dipanggil Sanem, mengunjungi salah satu situs sejarah peninggalan Belanda yaitu Kota Karang. Situs ini terletak di Sungai Cerucuk yang terletak di dusun kelekak usang, Cerucuk Kecamatan Badau.

Dulunya Kerajaan Badau memindahkan pusat pemerintahan ke sungai Cerucuk yang sekarang lebih dikenal dengan Cerucuk.

Adapun maksud dari kegiatan Bupati ini dalam rangka prosesi pengambilan tanah yang ada di dalam gerbang Kota Karang, untuk kemudian dibawa ke Pulau Jawa tepatnya di Magelang untuk disatukan dengan tanah jawa pada saat acara Kirab Budaya Nusantara.

Acara kegiatan prosesi pengambilan tanah, pada Sabtu (29/07/2017) kemarin  ini juga dihadiri dari Kementrian Kebudayaan RI dan Disbudpar Kab Belitung.

Menurut keterangan dari Kades Cerucuk Syamsul Basroni yang juga ikut mendampingi rombongan Bupati, prosesi pengambilan tanah ini dilakukan di semua wilayah yang punya situs sejarah baik di Belitung dan daerah lainnya.

Loading...


Penulis  : Bambang
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com