• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


KLHK Lakukan Penyelidikan Operasi HTI PT ISLM di Beltim

Minggu, 30 Juli 2017 | 23:52 WIB
Rasio Ridho Sani, Dirjen Penegakan Hukum KLHK Rasio yang didampingi Direktur Pengawasan dan Sanksi Administrasi KLHK, Rosa Vivien menyaksikan pemasangan plang penghentian kegiatan oleh pengawas dan penyidik. (Foto : dok)

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Penghentian sementara seluruh kegiatan sekaligus penyelidikan serta pemberian sanksi dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terhadap PT Indo Sukses Lestari Makmur (ILSM), perusahaan hutan tanaman industri yang berada di Simpang Pesak Belitung Timur.

Dirjen Penegakan Hukum KLHK Kemen LH, Rasio Ridho Sani mengatakan tindakan hukum yang dilakukan terhadap PT. ISLM berupa sanksi administrasi penghentian sementara terkait dengan pelanggaran perizinan. Dikatakannya lagi, penyelidikan sendiri  dilakukan karena PT. ISLM membuka areal di luar konsesi yang merambah kawasan hutan dan atas sanksi tersebut PT ISLM yang mengembangkan HTI seluas 10.000 hektar dilarang membuka areal baru, kecuali memelihara tanaman lama.

Rasio Ridho Sani yang didampingi Direktur Pengawasan dan Sanksi Administrasi KLHK, Rosa Vivien menyaksikan pemasangan plang penghentian kegiatan oleh pengawas dan penyidik KLHK. "Atas tindakan membuka kawasan hutan di luar konsesi ini, kita akan lakukan penegakan hukum pidana, tim penyidik akan melakukan penyelidikan, dan penyidik KLHK sudah ada di Belitung," jelasnya melalui siaran persnya, kepada klikbabel.com Sabtu (29/7/2017).

Sementara itu, dijelaskan Ridho PT ISLM juga diindikasi telah membuat jalan koridor di sepanjang sepadan sungai Balok, Sungai Jerung, sungai Air Raya yang disinyalir sebagai salah satu penyebab banjir yang merendam ratusan rumah di kecamatan Gantong. Ditegaskan Ridho, KLHK akan melakukan tindakan tegas terhadap
perusahaan bahkan juga individu yang merusak lingkungan dan hutan di Belitung yang kini tengah mengembangkan potensi wisata. "Sudah dapat dipastikan pengembangan wisata akan terganggu bila lingkungannya rusak,''tegasnya.

Ditambahkannya lagi, KLHK juga sudah melakukan penindakan pada beberapa kasus terkait dengan ilegal logging, perambahan hutan, serta pertambangan pada beberapa titik wilayah di Bangka Belitung.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release