• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Baris-berbaris Tumbuhkan Nasionalisme Siswa

Jumat, 28 Juli 2017 | 22:10 WIB
Pelajar SMKN 1 Pangkalpinang saat berlatih Baris Berbaris di Komplek Taman Sari Pangkalpinang. (Foto: Yodea Putri Utami/ Klikbabel.com)

RASA NASIONALISME SISWA/I SMKN 1 PANGKAL PINANG SAMBUT HARI KEMERDEKAAN RI.


Klikbabel.com, Pangkalpinang - Beberapa siswa SMK Negeri 1 Pangkalpinang terlihat sedang melakukan latihan Pasukan Pawai Baris Berbaris (PBB) di Taman Sari Kota Pangkalpinang, dalam rangka persiapan menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus 2017 nanti.

"Dari kemarin (28/7/2017), kami mulai melakukan latihan gerak jalan PBB, dan pada saat pengenalan lingkungan sekolah (PLS) hari ketiga kami telah melakukan seleksi untuk pasukannya," ujar Ketua Osis SMKN 1 Pangkalpinang, M. Saddam Arafat kepada Klikbabel.com, Jumat (28/7/2017).

Saddam menjelaskan kriteria pasukan PBB diutamakan tinggi badannya mencukupi siswa yang mengikuti dari kalangan siswa kelas X dan kelas XI. 

"Tentunya yang diutamakan tinggi, dan tentunya tidak liter, namun apabila tinggi dan liter tetap diambil karena akan dilatih dilari ditempatnya nanti. Siswa yang mengikuti dari kelas sepuluh dan sebelas, karena tahun selanjutnya akan diteruskan," jelasnya.

Adapun materi yang diberikan dalam latihan itu, adalah materi dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB) seperti sikap sempurna, gerakan ditempat, perubahan arah, dan perpindahan (berjalan).

"Materi diajarkan pun seperti materi dasar yaitu sikap sempurna, gerakan ditempat, perubahan arah dan perpindahan," tambahnya.

Ia berharap tahun ini bisa mencapai target untuk menang ditingkat SMK, walaupun tahun sebelumnya belum menggenggam juara. Namun demikian, Saddam tetap optimis dan yang terpenting latihan PBB ini sebagai rasa nasionalisme untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI dengan menumbuhkan sikap kedisiplinan, rasa persatuan bersama untuk siswa siswi SMK Negeri 1 Pangkalpinang ini baginya juara bukan menjadi persoalan.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com