• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Panen Lada Tahun 2017 Menurun

Rabu, 26 Juli 2017 | 10:19 WIB
Warga Desa Ibul, Bangka Barat memanen Lada. (Foto : Hamidun/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Petani Lada (Sahang) di Bangka Tengah (Bateng) keluhkan minimnya hasil panen pada tahun 2017. Hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang mengguyur selama beberapa bulan terakhir.

Petani Lada di Dusun Panang, Perlang, Abu Hasan Ashari mengatakan panen tahun ini jauh merosot jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu.

"Sahang (Lada) ini tidak bagus kalau diguyuri hujan terus, soalnya buat buahnya sedikit. ?Kalau tahun kemarin masih banyak kemaraunya jadi panennya juga hampir dua kali lipat," ungkapnya, Selasa (25/7/2017).

?Selain itu, ia juga mengatakan saat musim hujan akan membuat tanaman lada lebih banyak penyakit seperti sakit kuning maupun kulat malam.

Bahkan yang lebih disesali oleh pria? 38 tahun tersebut adalah harga Lda yang merosot dari diatas Rp100 ribu menjadi Rp81 ribu hingga Rp85 ribu perkilo.

"Kami petani kecil merasa rugi kalau harganya masih dibawah 100 ribu per kilo, kalau disimpan dan nunggu harga tinggi tapi kami tidak punya modal lagi untuk beli pupuk dan biaya hidup kami," terang Abu seraya berharap adanya perhatian dari pemerintah terhadap nasib petani Lada.

Loading...


Penulis  : Riski
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com