• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Angka Perceraian di Bangka Induk Terbanyak

Sabtu, 22 Juli 2017 | 00:25 WIB
(Foto : Ilustrasi)

Klikbabel.com, Sungailiat - Kabupaten Bangka tercatat memiliki kasus perkara perceraian paling banyak dibandingkan dengan dua Kabupaten lainnya yakni Bangka Tengah (Bateng) dan Bangka Selatan (Basel) yang bersidang di Pengadilan Agama (PA) Sungailiat. Tercatat dari Januari-Juni 2017 kasus perkara perceraian yang dimiliki Kabupaten Bangka sebanyak 218 kasus, Bateng 97 kasus, dan Basel 105 kasus. 

Kasus perceraian ini banyak terdapat pada kasus perceraian gugat, yang mana istri yang paling banyak menggugat cerai suaminya. “Pada kasus perkara perceraian ini tercatat pada ketiga kabupaten, gugatan cerai sebanyak 292, sedangkan cerai talak sebanyak 105. Dari Januari hingga Juni ini penerimaan perkara berdasarkan jenisnya banyak sekali. Semua data tersebut kita lakukan berdasarkan per kecamatan pada tiga kabupaten, Bangka Induk, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan,” tutur Ketua Pengadilan Agama melalui Supri selaku Panitera Pengganti saat ditemui di tempat kerjanya, Jum’at (21/7/2017).

 Dia menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan perceraian perkara yang masuk pada periode itu. “Banyak faktor penyebab perceraian ini, seperti faktor gangguan pihak ketiga sebanyak 49 kasus, faktor krisis akhlak 23 kasus, cemburu 12 kasus, KDRT 30 kasus, ekonomi 40 kasus, tidak bertanggung jawab 93 kasus, ketidakharmonisan 129 kasus, poligami tidak sehat 7 kasus, dan faktor terkena hukuman diatas 5 tahun 1 kasus,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, pada penerimaan perkara menurut jenisnya pada tiap kecamatan dalam wilayah hukum Pengadilan Agama (PA) Sungailiat tahun 2017 ini, selain kasus perkara perceraian ada kasus harta bersama, kewarisan, isbat nikah, wasiat, izin poligami, adhal wali, disp. Nikah, pengangkatan anak, penentuan warisan, hak asuh anak, penentuan anak, penentuan Ahli waris, inkonsius dan lainnya.



Penulis  : Rolamsyah
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com