• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kasus E-KTP di Kemendagri Berdampak ke Daerah

Rabu, 19 Juli 2017 | 16:19 WIB
Madri, S.Ip, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Basel. (Foto : Wiwin//Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Toboali - Terhambatnya pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk atau e- KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bangka Selatan (Basel) ternyata dipengaruhi oleh kasus mega korupsi proyek e-KTP di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Salah satu pengaruh terhadap layanan e-KTP di daerah adalah minimnya pengiriman blanko e-KTP sehingga meskipun masyarakat sudah merekam e-KTP namun KTP-nya belum bisa dicetak karena keterbatasan blanko. Menurut Madri, S.Ip selaku Kepala Dukcapil Basel mengatakan di tahun 2017, Dukcapil Basel hanya mendapatkan jatah blanko e-KTP dari pusat sebanyak 4.000, sementara menurutnya kebutuhan jauh melampaui angka tersebut.

"Kiriman blanko e-KTP dari kementerian tahun 2017 ke Dinas kita hanya 4 ribu blanko sementara kebutuhan kita bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipat dari kiriman tersebut. Kementerian hanya prioritaskan data Print Ready Record (Data yang terekam) dulu. Itulah salah satu kendala kenapa e-KTP banyak yang belum keluar. Inikan dampak dari kasus e-KTP di pusat," ungkapnya kepada Klikbabel.com, Rabu(19/7/2017).

loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com