• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Presiden Sebut 3 Daerah Calon Ibukota Negara

Kamis, 13 Juli 2017 | 23:05 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: net)

Klikbabel.com - Merebaknya rencana Pemerintah Pusat untuk melakukan pemindahan Ibukota negara dari Jakarta ke daerah lain di Indonesia bukan isapan jempol belaka. Setidaknya hal tersebut terjawab dari postingan Presiden RI, Joko Widodo yang angkat bicara pada laman Facebook-nya. Saat ini Pemerintah, kata Presiden rencana tersebut telah melalui proses kajian. "Wacana pemindahan ibu kota Negara Indonesia sampai dengan saat ini masih berada pada tahap kajian," ujar Joko Widodo, Kamis (13/7/2017).

Lanjutnya pada postingan tersebut, Joko Widodo mengungkapkan tidak menjadikan satu kandidat daerah yang akan menjadi Ibukota negara. Hanya saja Ia masih enggan membeberkan daerah mana saja yang masuk dalam kajian Pemerintah. "Ada tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam. Provinsi mana saja, tentu tidak akan saya buka. Hal ini untuk meminimalisir harga tanah yang dapat melambung tinggi akibat aksi para spekulan," ungkapnya.

Untuk menentukan daerah mana yang akan menjadi keputusan nantinya dtegaskan Joko Widodo tidak mudah, sebab harus melalui pertimbangan yang matang. "Pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi mendalam dari berbagai aspek: sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian baru diketahui kebutuhan biayanya. Itu menyangkut biaya yang banyak," tutupnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / Facebook