Klikbabel.com


Perhatikan Ini Sebelum Beli Perlengkapan Sekolah

Kamis, 13 Juli 2017 | 19:45 WIB
Ilustrasi.

Klikbabel.com - Liburan sekolah sebentar lagi usai, masa-masa menuntut ilmu di bangku pendidikan segera dimulai. Tak hanya anak-anak, para orang tua kini disibukkan dengan usaha membeli peralatan sekolah bagi si buah hati, mulai dari buku, alat tulis, tas, sepatu dan seragam sekolah.

Namun ternyata, tak semua barang kebutuhan sekolah masuk di hati anak-anak. Pilihan warna dan bentuk biasanya membuat anak ‘malas’ mengenakan barang yang sudah dibelikan orang tuanya. Ini tentu saja akan berdampak pada mood anak di awal masuk sekolah, apalagi sekolah baru.

Berikut ini 7 tips bagi orang tua agar sukses merebut ‘mood’ si buah hati untuk lebih giat lagi bersekolah.

List Belanja. Sebelum berbelanja, baiknya membuat list perlengkapan sekolah anak yang ingin dibeli. Dalam mencatatnya, libatkan anak supaya Anda tahu apa saja yang dibutuhkannya. Tanyakan pula kepada anak perlengkapan sekolah yang masih bisa dipakai, misalnya krayon, penggaris, tempat pensil sehingga tidak perlu membeli yang baru.

Sesuaikan Bujet. Barang-barang perlengkapan sekolah yang harus dibeli memang tak sedikit. Harganya pun tak bisa dibilang murah, terlebih harga tas dan sepatu. Untuk mengantisipasi agar tidak membeli barang diluar daftar belanja yang telah Anda buat, sebaiknya sesuaikan bujet yang telah dianggarkan supaya pengeluaran tidak membengkak.

Tas Ransel. Dibandingkan dengan tas selempang, tas ransel masih lebih baik untuk anak-anak karena dapat membagi beban pada kedua pundaknya. Para orang tua juga harus dapat memperkirakan, berapa lama anak akan membawa tas tersebut agar tidak berdampak pada pertumbuhan si anak. Selain tas ransel biasa, tas ransel beroda juga patut menjadi alternatif para orang tua agar anak mudah membawanya. Pilih juga tas ransel yang sesuai dengan selera anak, seperti gambar tokoh kartun favorit, warna kesukaan dan bentuknya yang simpel.

Buku dan Alat Tulis. Peralatan yang satu ini merupakan yang paling pokok dari sekian banyak perlengkapan sekolah lainnya. Alat tulis yang digunakan si kecil juga harus diperhatikan dengan detil, mulai dari pensil, pulpen, penghapus, serutan, penggaris, dan sebagainya. Pahami karakter sang anak agar dia suka menggunakan alat tulis ini.

Beberapa toko sudah menyediakan paket alat tulis lengkap. Namun, untuk penghapus, pilihlah yang dapat langsung menghapus dengan mudah tanpa membuang tenaga. Anda yang memiliki kocek berlebih, sebaiknya membeli alat tulis dalam jumlah banyak. Karena kebutuhan akan alat tulis sewaktu-waktu akan datang, tanpa menunggu ajaran baru tiba selanjutnya. Selain itu, di saat seperti ini biasanya toko memberikan diskon untuk alat tulis.

Seragam Sekolah. Pilihlan seragam yang terbuat dari kain katun yang sejuk dan bisa menyerap keringat dengan mudah. Pastikan juga kerapihan jahitan, tidak ada yang terlepas ataupun terurai. Agar lebih nyaman, pilih seragam yang pas di badan atau sedikit lebih longgar, namun jangan terlalu ‘kebesaran’ saat dipakai oleh anak.

Sepatu yang Nyaman. Memilih sepatu sekolah untuk anak tidak hanya memperhatikan mahal atau murah harganya saja, tidak pula memilih berdasarkan model dan tren yang berkembang saat ini. Tetapi prioritaskan memilih sepatu yang nyaman dan luwes ketika anak memakainya. Perhatikan pula kualitas sepatu tersebut agar bisa dipakai lebih lama.

Libatkan Anak. Beri kesempatan kepada anak untuk memilih warna, gambar dan model perlengkapan sekolah seperti sepatu dan tas yang disukainya. Ini dapat membuatnya lebih semangat dalam bersekolah nantinya.



Penulis  :
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com, internet