• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lada Babel Ada Kekurangan

Kamis, 13 Juli 2017 | 18:13 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. (foto:Kemas_Ramandha/ Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang  - Terkait anjloknya harga Lada Babel, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman sangat menyayangkan terjadinya penurunan harga tersebut. Dirinya mengatakan, bahwa secara kualitas, Lada Bangka Belitung tidak kalah kualitasnya dengan Lada luar, bahkan Luar negeri seperti Lada Vietnam, Thailand dan lainnya.

Hanya saja terdapat sedikit kemunduran kualitas dari Lada Babel, ''Lada kita bagus, hanya sedikit saja terdapat kekurangan yang kurang sesuai dengan standar Pasar, seperti banyak yang kotor, tidak bersih dan ada juga yang mengandung bakteri,'' jelas Gubernur belum lama ini di Pangkalpinang.

Untuk menangani hal tersebut, Erzaldi menjelaskan kedepan akan dilakukan pembinaan dan peningkatan kemampuan dari para petani yang ada di Bangka Belitung, untuk meningkatkan mutu Lada yang dihasilkan.

Selain itu juga telah dibangun Koperasi Lada di Bangka Belitung, untuk mengantisipasi fluktuasi harga Lada tersebut, ''Nanti kita berikan pembinaan kepada para petani, agar kualitas Ladanya bisa lebih baik dan juga sudah kita bangun Koperasi lada untuk menghadapi fluktuasi harganya,'' ungkapnya.

Hadirnya Koperasi Lada, ujar Erzaldi, sangat penting dikalangan para petani Lada, terutama disaat situasi harga pasar dunia terhadap lada Babel menurun. Menurutnya, Koperasi Lada dengan Sistem Resi Gudang ini adalah solusi utama dari permasalahan anjloknya harga Lada Babel saat ini, karena dapat memutuskan rantai pemasaran lada yang bertingkat-tingkat.

''Dengan hadirnya Koperasi Lada ini, kita dapat menahan harga pasar, dan nantinya Lada tersebut akan langsung kita jual dan akan kita putuskan rantai pemasaran Lada yang sekarang ini bertingkat-tingkat,'' jelasnya.

Erzaldi menambahkan, dirinya sangan yakin dengan penerapan Sistem Resi Gudang tersebut dapat menahan fluktuasi harga Lada. Ditambahkannya lagi, kedepannya akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para Petani Lada tentang penerapan pola Resi Gudang tersebut, agar para petani mengetahui solusi yang sangat bagus tentang permasalahan anjloknya harga.

''Kita lakukan sosialisasi kepada petani nanti, agar mereka tahu dan paham tentang Sistem Resi Gudang ini nanti,'' tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com