• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


24 Peserta Ujian Tak Lulus SMMPTN

Kamis, 13 Juli 2017 | 18:43 WIB
Suasana ujian SMMPTN di UBB. (Foto:Rolamsyah/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Merawang - Sebanyak 24 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah Barat 2017, jalur mandiri Universitas Bangka Belitung (UBB) dipastikan tidak lulus tes tahun ini. Pasalnya para peserta tidak hadir dalam pelaksanaan tes yang berlangsung di Zona Pangkalpinang bertempat di Kampus Terpadu UBB, dan Zona Belitung bertempat di SMAN 1 Tanjung Pandan, pada hari Sabtu (8/7/2017) pagi lalu.

Diketahui, dari data terakhir yang diterima dari Sekretariatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UBB, pendaftar pilihan utamanya ke UBB total sebanyak 889 siswa, namun yang sudah permanen atau cetak kartu ujian sebanyak 885 siswa.

Peserta Jalur Mandiri UBB melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM PTN)-Barat 2017, yang mengikuti ujian di Zona Pangkalpinang Kampus Terpadu UBB sebanyak 834 peserta, dan ada tambahan 1 peserta asal Bandung yang salah tempat/lokasi ujian, sehingga total peserta ujian SMMPTN-Barat di Zona Pangkalpinang sebanyak 835 siswa.

“Ada tambahan satu peserta asal Bandung, yang semestinya lokasi ujian berada di zona Belitung, karena ketidak tahuan yang bersangkutan, dan baru kemarin sore (Jumat, 7/7/2017) mendarat di Bandara Pangkalpinang, serta tidak ada trasportasi lagi untuk tujuan ke Belitung, maka kita izinkan untuk menggikuti ujian di sini (Kampus Terpadu UBB_red) dengan catatan kita buat Berita Acara sebagai dasar laporan nantinya,” ungkap Koordinator Bidang Pelasanaan Ujian Firlya Rosa SST MT.

Pelaksanaan untuk Zona Belitung bertempat di SMAN 1 Tanjung Pandan dengan jumlah peserta ujian sebanyak 21, namun ada 1 peserta asal Bandung yang dialihkan untuk ujiannya di Zona Pangkalpinang, sehingga peserta zona Belitung yang menggikuti ujian sebanyak 20 siswa.

Dari data yang diterima dari Koordinator Bidang Ujian Firlya Rosa SST MT, untuk peserta ujian SMMPTN-Barat 2017 yang tidak hadir di Zona Pangkalpinang Kampus Terpadu UBB untuk kelompok Saintek sebanyak 7 orang, kelompok Soshum 14 orang, serta kelompok Campuran hanya 2 orang. Zona Belitung bertempat di SMAN 1 Tanjung Pandan yang tidak hadir mengikuti ujian SMMPTN-Barat hanya 1 peserta kelompok Saintek.

“Seleksi jalur mandiri UBB melalui SMMPTN-Barat khususnya di Belitung baru pertama kali diselenggarakan. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir siswa-siswa yang berada di Belitung, agar tidak jauh-jauh lagi untuk pergi ujian ke Pangkalpinang, serta meminimkan biaya trasportasi dan lain-lain,” lanjutnya.

Minimnya animo siswa yang mendaftar SMMPTN-Barat di Zona Belitung, karena para siswa lebih memilih lokasi ujian di Zona Pangkalpinang. Mereka beranggapan ujian di Pangkalpinang lebih pasti tempatnya, dan ingin mengetahui Kampus Terpadu UBB secara langsung. Serta ada juga siswa asal Belitung yang memilik tempat lokasi ujian Zona Pangkalpinang sembari untuk jalan-jalan ke Pangkalpinang/Bangka.

Lembar Jawaban Ujian (LJU) di Zona Belitung, Jumat (7/7/2017) diterbangkan ke Pangkalpinang, dan akan dibawa bersama-sama dengan LJU Zona Pangkalpinang Minggu (9/7/2017), ke Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Kota Banda Aceh. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2017 pukul 14.00 WIB. 

Loading...


Penulis  : Rolamsyah
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com