Klikbabel.com



Robot SIPAK Polman Juara Harapan KRI 2017 Nasional

Rabu, 12 Juli 2017 | 19:53 WIB Dibaca sebanyak 768 kali
Tim robot Polman Babel saat bertanding di level regional 1 Unsri. (foto: Supriyanto/@supri_sy)

Klikbabel.com, Bandung - Robot bernama Sipak yang diboyong Polineknik Manufaktur (Polman) Bangka Belitung, hanya mampu menempati posisi juara harapan, dalam Kontes Robot Indonesia 2017 di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, 7-9 Juli 2017. Robot Sipak bertanding di kategori Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) divisi Beroda.

Juara pertama kategori ini diraih oleh  Gerhana Dewaruci (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya), kedua R2C Warrior (Universitas Kristen Satya Wacana) dan urutan ketiga diraih oleh Ersow (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Pengargaan desain terbaik dan Penghargaan inovasi terbaik diraih Al-Jazari (Institut Teknologi Sepuluh November).

Sipak Polman Babel sendiri, pada level Kontes Robot Indonesia Regional 1 di Universitas Sriwijaya tanggal 22-24 Mei 2017 keluar sebagai juara pertama, sekaligus menjadi tim dengan strategi terbaik. Robot Rimau FS (Unsri) berada diurutan kedua disusul Barelang 7.1 (Poltek Negeri Batam) diurutan ketiga. 

Pada level Regional 1 ini, Polman babel mengirimkan hampir di semua kategori, seperti Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) juara 2 dengan robot bernama PLI-DENG yang juga peraih Desain Terbaik.

kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), robot bernama Bujang-Miak harus puas di peringkat kedua, kalah dari robot milik Politeknik Negeri Padang bernama Pagaruyung.

Kontes Robot Indonesia 2017 tingkat Nasional diselenggarakan oleh Kementristek dan Dikti sejak 7-9 Juli 2017. Berikut ini juara KRI 2017 Nasional.

Kategori Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) divisi Humanoid, juara pertama Barelang FC (Politeknik Negeri Batam). Kedua Ichiro (Istitut Teknologi Sepuluh November), juara ketiga Eros (Politeknik Elektronika Elektronika Surabaya). Kemudian Dago Hogeschool (Institute Teknologi Bandung) menempati posisi juara harapan. Serta Perhargaan inovasi terbaik diraih oleh Ichiro (Institut Teknologi Sepuluh November)

Pada kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), untuk posisi pertama diraih oleh Rosmery (Universitas Negeri Yogyakarta), posisi kedua diraih oleh Erisa  (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), dan posidi ketiga diraih oleh Alfan (Universitas Gajah Mada). Sedangkan Adhira-Aruna (Universitas brawijaya) sebagai juara harapan. Alfan dari UGM juga meraih penghargaan sebagai artistika terbaik.

Kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki dimenangkan Al-Fatih (Universitas Gajah Mada/UGM) sebagai juara pertama, Dome (Universitas Muhammadiyah Malang/UMM) sebagai posisi kedua, dan Eilero (Politenik Elektronika Negeri Surabaya) sebagai peringkat ketiga. Kemudian D'Avecenna 1.7 (Universitas Islam Sultan Agung) sebagai juara harapan. Desain terbaik dimenagkan oleh Abinara-1 (Institute Teknologi Sepuluh November) dan Algoritma terbaik diraih oleh D'Avecenna 1.7 (Universitas Islam Sultan Agung) 

Terakhir, Kategori Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) mengeluarkan Brahmana (Istitut Sains dan Teknologi Akprind Yogjakarta) sebagai juara pertama,  Isola_229 (Universitas Pendidikan Indonesia) meraih peringkat juara kedua, dan C-Gotja-MP (Politeknik Negeri Ujung padang) sebagai peringkat ketiga. Kemudian Blue Deep (Universitas Budi Luhur) keluar sebagai juara harapan. Sedangkan desain terbaik diraih oleh Pensae (Politeknik Elektro Negeri Surabaya) dan strategi terbaik diraih oleh Brahmana (Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta)

Dewan juri Kontes robot tingkat nasional kali ini, diantaranya Wahidin Wahab sebagai Ketua Dewan Juri dan Benyamin Kusumoputro dari Universitas Indonesia (UI), Indrawanto dan Kusrasapta Mutijarsa dari Istitut Teknologi Bandung (ITB), Endra Pitowarso dan Gigih Prabowo dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Santoso dari Universitas Gajah Mada, Mauridhy Hery Purnomo dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), serta Eril Mozef dari Politeknik Bandung.

Tahun 2017, Indonesia akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon yang akan berlangsung tanggal 26-28 Agustus 2017 di OTA Gymnascium Center, Tokyo, Jepang. Event tersebut akan diikuti oleh 20 tim robot dari berbagai negara termasuk Indonesia. Delegasi Indonesia akan diwakili oleh juara pertama kontes KRAI 2017. Begitupun dengan pemenang tim KRPAI tingkat nasional akan dikiim sebagai delegasi Indonesia pada kontes sejenis di Trinity College Hardfort, Connecticut, Amerika Serikat.



Penulis  :
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com, Internet