• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Fenomena "Eddy" Penyebab Kemarau Basah di Babel

Sabtu, 08 Juli 2017 | 15:11 WIB
Rizki Adzani, Prakirawan BMKG Pangkalpinang. Foto : Yodea
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Memasuki pertengahan awal Juni lalu, Bangka Belitung (Babel) seharusnya dilanda musim kemarau, namun curah hujan yang cukup tinggi masih melanda di beberapa wilayah.

"Secara umum Bangka masih bercurah hujan ringan, meskipun seharusnya wilayah Bangka telah memasuki musim kemarau untuk awal dan pertengahan Juni normalnya. Tapi, musim kemarau tahun ini curah hujan masih cukup tinggi jadi istilahnya kemarau basah," jelas Rizki Adzani, Prakirawan Badan Meteorologi, Klomatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Jumat, (7/7/2017). 

Ia pun menambahkan hal itu terjadi disebabkan adanya fenomena sirkulas Eddy yakni adanya belokan angin yang berdampak dari Kalimantan Timur. "Hal ini terjadi dikarenakan terbentuknya fenomena sirkulasi Eeddy atau sirkulasi tertutup yang lokasinya di wilayah Kalimantan bagian timur daerah Pontianak sama perairan sebelah timur," bebernya

"Akibatnya di wilayah kita terbentuk area sirline atau belokan angin mengakibatkan perlambatan udara di wilayah kita, kemudian meningkatkan potensi awan yang banyak menghasilkan hujan lebat," tutup Rizki.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com