• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Anjlok, Petani Lada Tahan Penjualan Lada

Kamis, 06 Juli 2017 | 15:30 WIB
Lampiu, petani asal Dusun Limbung, Kabupaten Bangka. Foto : Yodea
Loading...

Klikbabel.com, Merawang - Sebagai salah satu komoditas utama di Bangka Belitung (Babel), harga lada masih terpuruk dikisaran Rp73 ribu per kilogram. Harga tersebut turun jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu yang masih mencapai Rp150 ribu. 

Hal ini pun memaksa para petani lada di Bangka untuk menahan penjualan lada ke pasaran. Demikian diungkapkan petani lada asal Dusun Limbung, Sanurbi alias Lampiu (50) kepada klikbabel.com, Rabu (5/7/2017) kemarin. "Kalau harga lada murah, kami kumpul dulu lada yang panen, seketika harga naik baru kami jual," akunya.

Dikatakannya, biasanya Ia memasarkan hasil ladanya itu langsung ke perusahan eksportir ataupun ke pasar langsung jika lada dijual dalam jumlah yang relatif banyak. Namun, saat lada yang didapatkan hanya sedikit biasanya Ia menjual ke tengkulak dengan selisihRp5 ribu per kilogram.

Lampiu juga mengungkapkan, baik dirinya maupun petani lainnya merasa gelisah dengan kondisi tersebut. "Kita sebagai petani jelasnya merasa gelisah harga turun sahang itu yang dulu hampir ratusan ribu sampai sekarang hanya puluhan ribu, kenapa tiba-tiba turun drastis?" tambahnya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klik