Klikbabel.com


SMPN 1 Pangkalpinang Jadi Sekolah Model Sejarah

Kamis, 15 Juni 2017 | 15:12 WIB Dibaca sebanyak 1062 kali
Asisten 1 Walikota Pangkalpinang, Suparyono memukul gong tanda diresmikannya SMPN 1 sebagai sekolah model sejarah. Foto : Rolamsyah

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Pangkalpinang didaulat sebagai sekolah model sejarah. Diresmikannya SMPN 1 Pangkalpinang sebagai sekolah sejarah karena memiliki cerita panjang terkait pendidikan di Pangkalpinang. Dimana sekolah itu dulunya bernama Hollands-Chinese School (HCS) semasa penjajahan Hindia-Belanda tepatnya September 1917.

HCS yang sudah berusia hampir satu abad mengacu pada pidato Ratu Wilhelmina pada politik etis  1 September 1917, dulunya didirikan dengan konsep pengajaran bahasa Belanda dalam sekolah dan juga berbahasa Tionghoa. Lalu umumnya lulusan HCS ini melanjutkan sekolah atau studi ke Batavia dan kemudian setelah lulus dapat bekerja sebagai juru tulis atau pegawai rendahan di pemerintahan atau di perusahaan-perusahaan swasta.

Demikian dikisahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pangkalpinang, Edison Taher saat launching Sekolah Model Sejarah yang dibuka oleh Suparyono selaku Asisten 1 Walikota Pangkalpinang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Achmad Elvian, perwakilan pihak BNN dan alumni SMPN 1 Pangkalpinang.

“Launching sekolah model ini kita bekerja sama dengan LPMP, sudah menyiapkan konsep beberapa sekolah-sekolah unggul prestasi akademik dan prestasi lainnya. Maka itu kita melihat potensi masing-masing, ada sekolah yang keunggulanya maritime karena Negara kita berbasis maritime, ada yang berbasis entrepreneur dan SMP N 1 Pangkalpinang ini kebetulan sekolahnyakan bisa dikatakan sebagai salah satu situs sejarah yang hampir 1 Abad umurnya pada 1 September nanti. Ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah untuk kedepannya,” ujarnya saat ditemui klikbabel.com Rabu (14/6/17).

Dia berharap SMPN 1 Pangkalpinang bisa memberikan inspirasi pada sekolah-sekolah lain terutama yang ada di Pangkalpinang. “Tidak lagi hanya sekedar pengetahuan, diimplementasikan tokoh-tokohnya. termasuk sekolah ini juga bisa memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Bangka Belitung yang dapat menjelaskan sejarah-sejarh yang ada di Pangkalpinang.” tutupnya.(Rolamsyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com