Klikbabel.com



Pendirian Bank Daerah Terbilang Urgent

Sabtu, 10 Juni 2017 | 20:59 WIB Dibaca sebanyak 674 kali
Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Bangka dari Fraksi Demokrat, Supiyan

Klikbabel.com, Sungailiat - Adanya rencana Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendirikan sebuah Bank Daerah juga mendapat tanggapan positif dari Anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Bangka dari Fraksi Demokrat, Supiyan saat ditemui klikbabel.com, Sabtu (10/6/2017) di Ruang kerjanya.

Supiyan mengatakan langkah yang sangat baik dilakukan Pemerintah Babel dalam mendirikan Bank daerah sendiri, karena langkah tersebut menurutnya dapat meringankan beban ekonomi masyarakat Babel dan otomatis ekonomi masyarakat akan terbantukan. Dengan penyertaan modal yang bisa dipinjamkan kepada masyarakat dan tentunya dengan angsuran yang lebih terjangkau dari Bank non daerah.

''Ekonomi Masyarakat otomatis akan terbantukan, terutama bagi mereka yang mengharapkan bantuan pinjaman modal dan diharapkan lebih ringan,” Ungkapnya.

Dirinya yang juga sempat menjabat sebagai Pimpinan Pansus Penyertaan Modal salah satu Bank Daerah tersebut mengatakan, pembentukan Bank daerah saat ini terbilang Urgent atau memang dibutuhkan bagi daerah, salah satu dampak pentingnya pendirian suatu Bank Daerah adalah sebagai Indikator bergeraknya ekonomi daerah.

''Masyarakat serta pelaku UKM akan terasa terbantukan, terutama dalam hal pengkreditan yang biasanya bunganya terbilang rendah dibandingkan Bank swasta lainnya, Sudah semestinya Pemerintah Daerah merumuskan untuk beberapa waktu yang akan datang dan melakukan pengkajian yang matang untuk segera memperjuangkan berdirinya Bank Daerah di babel,'' Jelasnya.

Sementara itu ia mengatakan, Pihak Dewan dalam hal melakukan pengawalan tentang berdirinya Bank Daerah hanya sebatas mengkaji kelayakan PAD daerah, khususnya kabupaten Bangka yang menurutnya sudah memenuhi syarat Berdirinya Bank Daerah.

Ditanyakan tentang pembagian hasil pemasukan yang berbanding dengan pembangunan daerah, Supiyan menjawab bahwa sampai saat ini belum memberikan dampak luas bagi pembangunan daerah dan dirinya setuju dengan pendapat Gubernur Babel, Erzaldi Rohman yang mengatakan sudah seharusnya dengan hadirnya Bank Bank di daerah, yang mendapatkan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah dapat memajukan perekonomian serta berpihak kepada Pelaku Usaha Kecil di Babel.

''Saya setuju dengan pernyataan Pak Gubernur bahwa sudah seharusnya dengan hadirnya Bank Bank di daerah yang mendapatkan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah dapat memajukan perekonomian Babel serta berpihak kepada Pelaku Usaha Kecil di Daerah,'' tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com