Klikbabel.com


Bawaslu Bentuk Tim Pansel Panwaslu

Sabtu, 10 Juni 2017 | 11:46 WIB Dibaca sebanyak 533 kali
Suasana rapat pembentukan TIm Pansel oleh Bawaslu Babel

Klikbabel.com,Pangkapinang -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membentuk tim Panitia Seleksi Panitia Pengawas Pemilu (Pansel Panwaslu) untuk pemilihan Bupati, Walikota, pemilihan Caleg, dan pemilihan Presiden 2019.
 
Bagong selaku Ketua Bawaslu Babel, dalam konpers, Jumat (9/6) mengatakan bahwa tim pansel dibentuk sebanyak lima orang yang diketuai oleh Iskandar Zulkarnain. "Tugas daripada tim pansel untuk memilih ketua panwaslu tingkat kabupaten/Kota pada Pilkada 2018 mendatang," ungkapnya.
 
Penasihat Bawaslu, Zul Terry Apsupi menghimbau kepada tim pansel dalam melakukan seleksi harus melihat integritas calon sehingga tidak terpengaruh terhadap tekanan dari luar. "Tidak ada satupun lembaga ataupun organisasi yang bisa untuk mengkritik. Semua dalam kerangka berkompetensi. Karena kita menyiapkan ini benar-benar untuk persiapan pemilu dan selama lima tahun," jelasnya.
 
"Ada satu PR dari Bawaslu sendiri, mulai Senin depan kita akan meminta nama-nama kepengurusan partai mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, camat sampai ketingkat desa dan kelurahan. Karena kita tidak mau orang-orang itu titipan dari partai politik. Karena ini sangat berbahaya, apalagi saat menjelang pileg, pilpres ini kedepan. Ini yang kami tekankan, bukan kami tidak percaya integritas, tapi kita hanya mengingatkan," tegas Zul Terry Apsupi.
 
Sementara Ketua Tim Pansel mengatakan, pemilihan panwaslu ini untuk mengawasi pilbup, pileg, pemilihan walikota dan pilpres. "Kita akan bekerja selama dua bulan mulai hari Senin ini kita akan membuka pendaftaran untuk panwaslu tingkat kabupaten/kota. Untuk kriteria pendaftaran usia minimal paling rendah 30 tahun, pendidikan minimal S1, dan tidak terlibat dalam partai politik. Untuk sistem nanti akan ada tes tertulis. Kalau di Bangka tes akan dilakukan di Pangkalpinang dan untuk Belitung akan dilakukan di Tanjungpandan. Setelah melakukan tes tertulis selanjutnya akan dilakukan tes wawancara," pungkasnya.(Rolamsyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com