• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


4 Poin Penting Disampaikan Menteri Susi Dalam forum World Oceans Day 2017

Sabtu, 10 Juni 2017 | 21:41 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Keberanian Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan RI dalam memberantas pencuri ikan di laut Indonesia selama 2,5 tahun ini ternyata telah berdampak pada pertumbuhan sektor perikanan yang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Jumlah ikan juga naik, dari 6,5 juta ton di 2014 menjadi 7,1 juta ton di 2015, lalu 9,9 juta ton di 2016, dan diperkirakan 12 juta ton di 2017.

Dalam forum World Oceans Day 2017 sebagaimana dikutip dari Detik.com,  Menteri Susi menyatakan 4 poin penting untuk menjaga laut. 4 poin penting tersebut antara lain:

1. Perlindungan hak asasi terhadap laut, karena lautlah yang akan menjamin ketersediaan pasokan makanan untuk generasi yang akan datang.

2. Dibentuk sebuah badan dunia yang bertugas melindungi laut. Tugas dari badan tersebut tidak boleh diganggu oleh kepentingan politik manapun.

3. Penangkapan ikan di laut harus dilakukan dengan metode yang ramah lingkungan. Sehingga tidak mengganggu mobilitas induk ikan yang akan melakukan kegiatan alaminya untuk berkembang biak dan bertelur.

4. Memasukkan Ilegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing sebagai bagian dari kejahatan maritim antar negara yang terorganisir (transnational fisheries crime).

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : detik.com