• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Nanas Bikang Berikan Dampak Ekonomis Untuk Masyarakat

Jumat, 09 Juni 2017 | 16:54 WIB
Jejeran nanas Bikang yang dijual didepan rumah petani nanas desa bikang, Bangka Selatan

Klikbabel.com, Toboali - Desa Bikang Kec. Toboali merupakan salah satu Desa penghasil buah nanas yang kualitasnya terbaik di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). 

Manisnya nanas bikang telah tersohor ke Pelosok daerah di Basel maupun di Babel. Tak heran, Untuk mengabadikan manisnya nanas Bikang tersebut, Pemkab Basel mendirikan tugu nanas yang terletak di Tikung Nanas Toboali sebagai salah satu Icon kota Toboali.

Manisnya nanas Bikang ternyata telah memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat setempat. Tak heran, sebagian masyarakat desa Bikang terus menggeluti perkebunan nanas yang sudah berlangsung sejak lama.

"Alhamdulillah pak hasil panen nanasnya cukup membantu ekonomi keluarga kami. Kami sudah menggeluti usaha ini sudah sejak dari kakek kami terdahulu dan sampai sekarang masih kami teruskan sebagai salah satu sumber ekonomi keluarga kami," Ungkap Erna salah seorang penjual nanas di Bikang kepada Klikbabel.com pada Jum'at (09/06/17).

Setiap musim panen tiba, buah nanas dijejerkan petani nanas di depan rumah masing-masing untuk dijual dengan harga Rp.5.000-10.000 perbuah. Terkadang jika memasuki panen besar harga jualnya hanya berkisar antara Rp. 3.000-7.000 perbuah. 

Kelebihan dari nanas Bikang ini adalah meskipun kulitnya kelihatan berwarna hijau, rasanya sudah sangat manis seperti nanas yang sudah matang. 

Oleh karena itu setiap bulan puasa menjelang hari lebaran harga nanas Bikang mulai naik karena ibu-ibu rumah tangga mulai memburu nanas Bikang untuk membuat selai nanas sebagai salah satu bahan baku pembuatan kue lebaran.

loading...
loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : Klikbabel.com