• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Timnas Tekuk Kamboja 2-0

Kamis, 08 Juni 2017 | 23:44 WIB
Selebrasi Irfan Bachdim dan rekan-rekannya di Timnas Indonesia, usai mencetak gol pembuka. (foto:bolalob.com/twitter)
Loading...

Klikbabel.com, Kamboja - Tim Nasional (Timnas) Indonesia menang 2-0 atas Timnas Kamboja, dalam laga uji coba di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamis (8/6/2017) malam. Hasil ini sekaligus melanjutkan tradisi Indonesia yang selalu menang atas Kamboja di laga internasional resmi yang diselenggarakan FIFA.

Menit-menit awal pertandingan, Timnas Indonesia dikepung punggawa Kamboja. Beberapa kali upaya Kamboja menyerang Gawang yang dikawal Kurnia Meiga, namun tidak berhasil menyarangkan bola.

Indonesia bahkan nyaris mencetak gol di menit ke-11, lewat sepakan Adam Alis ke kotak penalti Kamboja. Bola diangkat Marianus Wanewar melewati Sou Yaty, namun dibuang Nub Tola setelah hampir masuk.

Gawang Indonesia nyaris kebobolan di menit ke-16, melalui tendangan Chrerng Polroth.

Indonesia berhasil keluar dari tekanan Kamboja pada menit ke-26 lewat tendangan striker Irfan Bachdim. Bachdim mengambil keputusan tepat usai mendapat menggiring bola dekat dengan gawang. 

Kamboja tak tinggal diam, sayang peluang tendangan bebas yang dieksekusi Prak Mony Udom pada menit ke-28 tidak mampu merobek jala Kurnia Meiga. Menit ke-34, bola sepakan Khoun Laboravy di dalam kotak penalti masih lemah dan dengan mudah diamankan Kurnia.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Pelatih Timnas Luis Milla memasukkan Hanif Sjahbandi menggantikan M. Hargianto. Upaya ini sedikit memberikan tenaga segar, dengan dibuktikan pada menit ke-59, Adam Alis berhasil membawa bola mendekati kiper Kamboja, namun eksekusi masih melambung keatas.

Irfan Bachdim digantikan oleh Yabes Roni di menit ke-68, juga Gian Zola pada menit ke-73 menggantikan Adam Alis, yang cidera.

Bola sepakan Septian David Maulana pada menit ke-80 diblok Sou Yaty. Sementara itu, Kamboja tak berhenti dan makin gencar menyerang di sisa pertandingan.

Kamboja harus menelan kekalahan tragis, saat menit-menit terakhir Indonesia menambah skor, tepatnya menit ke-95 melalui gelandang Persib Bandung Gian Zola. Zola melepaskan tendangan tak keras ke pojok kanan bawah gawang Kamboja. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia Luis Milla, mengaku senang dengan hasil yang diperoleh skuad asuhannya, meskipun pertandingan itu bertajuk laga uji coba.

“Kami senang malam ini meraih kemenangan atas Kamboja. Ini kemenangan perdana di laga internasional bagi saya bersama Indonesia, apalagi di laga tandang,” kata Luis Milla seperti dikutip dari Sport Satu.

“Kemenangan ini juga bagus untuk menambah kepercayaan diri para pemain. Kamboja tim yang bagus dan pada babak pertama mereka terapkan pressing ketat. Selanjutnya kami juga ingin menang lawan Puerto Rico,” imbuhnya.

Sementara, Presiden Federasi Sepakbola Puerto Riko (FPF) Eric Labrador, dalam pernyataannya kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengungkapkan, "Kami sangat antusias menjadi bagian dari pertandingan bersejarah ini dan tidak sabar menghadapi Indonesia, tim dengan sejarah panjang di Asia," ujar Eric, dikutip keterangan resmi PSSI yang diterima di Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dia melanjutkan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas terlaksananya pertandingan pertama antara kedua negara tersebut.

PSSI melalui Wakil Ketua Umum sekaligus pelaksana tugas Sekjen PSSI Joko Driyono juga menyambut baik laga kontra Puerto Rico, "Pertandingan ini menunjukkan  kebangkitan sepak bola Indonesia telah menyita perhatian sahabat kita hingga ke zona Concacaf. Semoga pertandingan nanti berlangsung menarik dan bisa menghibur pencinta sepak bola Tanah Air," kata Joko dikutip Bisnis.

Timnas sendiri sedang menyiapkan 22 pemain menghadapi laga melawan Puerto Rico pada Selasa (13/7/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta. Pemain Timnas tersebut merupakan gabungan dari timnas U-22 dan lima pemain senior yaitu Adam Alis, Irfan Bachdim, Kurnia Meiga, Fachruddin dan Bayu Pradana. Pemain Indonesia yang bermain di Liga Jupiler Belanda, Stefano Lilipaly dikabarkan akan ikut diboyong Milla saat melawan Puerto Rico.

Susunan Pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Ricky Fajrin (Rezaldi Hehanusa 80?), Bagas Adi Nugroho, Fachruddin Aryanto, Gavin Kwan, M. Hargianto (Hanif Sjahbandi 46?), Adam Alis, Bayu Pradana, Febri Hariyadi (Miftahul Hamdi 89?), Irfan Bachdim (Yabes Roni 68?), Marinus wanewar (Septian David Maulana 79?). Pelatih: Luis Milla.

Kamboja: Sou Yaty, Nen Sotheroth (Seut Baraing 45+1?), Soeuy Visal, Nub Tola, Chhin Chheoun, Chrerng Polroth, Hoy Phallin (Bin Thierry 33?), Tit Dina (In Sodavid 75?), Prak Mony Udom (Keo Sokpheng 71?), Chan Vathanaka, Khoun Laboravy (Noun Borey 60?). Pelatih: Leanardo Vitorino.

Loading...


Penulis  :
Editor    :
Sumber : Sport Satu, Klik Babel