• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Bangka Tentukan Besaran Zakat

Rabu, 07 Juni 2017 | 19:57 WIB
Ilustrasi. (net)
Loading...

Klikbabel.com, Sungailiat - Baznas Kabupaten Bangka bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka, bersama Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Pengadilan Agama Sungailiat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, serta pengurus masjid se-Kabupaten Bangka baru baru ini telah menetapkan nominal zakat.

Menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka, H.M. Nasir Hasan, nominal zakat fitrah yang harus dibayarkan setiap orang adalah 2,5 kg. beras atau apabila diuangkansebesar 30.000 rupiah yang dibandingkan tahun lalu ada kenaikan, karena faktor harga barang yang naik.

"Sesuai dengan hasil rapat, jadi zakat fitrah dalam bentuk beras 2,5 kilogram per orang atau kalau diuangkan sebesar 30.000 rupiah, tahun kemarin 27.500 rupiah," Ujar Nasir, Selasa (6/6/17) di Masjid Agung Sungailiat seusai rapat penentuan zakat fitrah, mal dan fidayah.

Disampaikannya kembali, untuk zakat mal yakni emas, jika sudah mencapai 85 gram setiap tahun, atau sekitar 226 mata dan dan telah sampai haulnya, akan dibayar hisabnya sebesar 2,5 persen.
"Disepakati bersama, jadi untuk zakat fitrah dan mal telah ditentukan," ungkapnya.

Terkait fidyah, Nasir Hasan juga menjelaskan untuk pembayaran fidyah ini masing-masing Rp 20.000 rupiah perorang.

Nasir Hasan menambahkan, bahwa untuk masjid yang melakukan pengumpulan zakat, harus mempunyai izin dari dari Baznas, maka dikeluarkan SK Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).

"Kalau tidak ada UPZ itu, sesuai dengan Undang undang nomor 23 tahun 2011, harus ada UPZnya, dan nanti kita kerjasama dengan KUA untuk melapor hasil dari pengumpulan zakat," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com