• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tambang Laut Di Bantel Kubu Toboali Seakan Di Biarkan

Selasa, 06 Juni 2017 | 17:21 WIB
Aliansi Pemuda dan Nelayan Basel minta aparat segera bertindak terkait maraknya aktivitas tambang laut di peraiaran Bantel Kubu, Toboali Bangka Selatan (Basel).
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Masih maraknya aktivitas tambang laut di peraiaran Bantel Kubu, Toboali Bangka Selatan (Basel) menjadi perhatian serius beberapa aktivis dan masyarakat di Basel yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Nelayan Basel.

Aliansi tersebut beranggapan bahwa tambang laut di Kubu telah merusak objek wisata pantai kubu dan juga telah merugikan nelayan. Namun sejauh ini terkesan dibiarkan oleh pihak-pihak terkait baik di Babel maupun di Basel. Padahal aktifitas serupa di pantai payak ubi suka damai Toboali bisa ditertibkan, namun ketika aktifitas tambang laut ilegal tersebut bergeser ke pantai Bantel Kubu Toboali, penertiban serupa tidak dilakukan dan seolah-seolah terkesan dibiarkan.

Mereka tidak mau pantai kubu yang merupakan bagian dari pesona wisata Bangka Selatan luluh lantak akibat aktivitas tambang ilegal di pantai tersebut seperti pantai payak ubi suka damai.

Devisa selaku sekretaris aliansi mengatakan, pihaknya sudah melaporkan secara resmi kondisi tersebut kepada KPK RI dan Tipiter Bareskrim Mabes Polri, agar mengambil tindakan tegas dengan menertibkan dan menghentikan aktivitas tambang ilegal di perairan kubu Toboali.

"Kami sudah melaporkan secara resmi kondisi ini kepada KPK RI dan Tipidter Mabes Polri agar segera mengambil tindakan tegas dengan menertibkan dan menghentikan aktivitas tambang ilegal di perairan kubu Toboali tersebut karena tidak adanya perlakuan yang sama yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait setempat seperti dilakukan di pantai payak ubi Toboali," Ungkapnya, Selasa (06/06/17).

Sebagai langkah selanjutnya menurutnya, pihaknya pertengahan juni ini akan melakukan aksi massa di kementerian kelautan dan perikanan untuk membangunkan menteri Susi dan pihak berwenang lainnya agar melek dan berani memberantas mafia laut di Basel.

Hal senada juga diungkapkan oleh Deisya Raga Hidayat selaku ketua Aliansi pemuda dan nelayan Basel. Dirinya berharap agar Pemerintah Pusat yakni Presiden Jokowi, Kapolri, Menko Kemaritiman, Pimpinan KPK dan Menteri KKP turun tangan untuk memberantas mafia laut di Basel tersebut.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com