• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


JOIN Naungi Jurnalis Online

Selasa, 06 Juni 2017 | 22:01 WIB
Jurnalis Online Indonesia

Klikbabel.com, Jakarta - Organisasi Jurnalis Indonesia (JOIN) sebagai salah satu organisasi pers yang berkekuatan hukum dan  menaungi jurnalis online yang berkecimpung dan bergabung di dalamnya.

Berdirinya JOIN berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor AHU- 0008952.AH.01.07 Tahun 2017  tentang Pengesahan.

"Join merupakan organisasi yang menuju kepada kemerdekaan pers secara umum dan terkhusus bagi para journalis online yang menolak serta memerangi berita maupun informasi hoax yang dapat memicu dan menimbulkan polemik maupun keresahan terhadap publik atau masyarakat Indonesia," kata Ketua Umum sekaligus Pendiri JOIN, Budi Chandra, Selasa (6/6/2017). 

Ia menyebutkan, saat ini JOIN telah tersebar di 20 Provinsi di Indonesia dan dana akan terus berkembang mengingat beberapa provinsi dan kota  lainnya sedang berbenah dalam mendirikan JOIN. 

"JOIN merupakan induk atau  wadah bagi para pekerja journalis online  untuk mendorong jurnalisme syber yang tak hanya sesuai dengan Kode etik, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi serta menghadirkan berita akurat sesuai dengan kode etik jurnalistik dan pedoman pemberitaan media syber," jelasnya.

Pihaknya akan membawa JOIN menjadi organisasi yang mewadahi para jurnalis online menjadi profesional sejahtera dan bertanggung jawab.

"Kami juga akan menangkal berita-berita hoax yang selama ini sering menyudutkan media online. Tak lupa kami juga sangat menentang keras intimidasi, intervensi dan kekerasan terhadap jurnalis," terang Budi Chandra  di Jakarta baru - baru ini , yang juga pernah menjabat sebagai Ketum IWO Pusat.

Laki-laki yang biasa di sapa bang Ichan berharap JOIN bisa bekerja sama dengan organisasi wartawan lain seperti PWI, AJI dan IJTI serta dapat diterima oleh kalangan pemerintah,  pengusaha dan masyarakat luas.

loading...
loading...


Penulis  : Rena
Editor    :
Sumber : Klik Babel