• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disperindagkop Tidak Tahu Kondisi Harga Pasar Lada

Senin, 05 Juni 2017 | 16:19 WIB
Riza Aryani Kabid perdagan luar negeri Disperindagkop Babel.
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Anjloknya harga lada ditingkat petani, seakan menimbulkan pertanyaan besar berbagai pihak di Babel. Tidak hanya petani, Dinas Perindagkop Babel juga belum tau pasti tentang kondisi harga pasar lada dunia karena penentuan harga lada masih berdasarkan kontrak dengan negara-negara tujuan ekspor.

Berbeda halnya dengan harga timah dunia dan barang- barang ekspor lainnya yang mudah dilihat melalui internet yang bisa diketahui dengan jelas penyebab turun naikknya barang ekspor tersebut, harga lada seakan tidak mengikuti harga pasar dunia melainkan hanya berdasarkan pada patokan harga kontrak antara negara pembeli dan eksportir saja.

Menurut Riza Aryani Kabid perdagangan luar negeri Disperindagkop Babel mengatakan, pihaknya tidak tau pasti berapa kondisi harga pasar lada dunia, karena para eksportir lada memiliki asosiasi, jadi katanya patokan harga lada dunia juga tidak jelas karena mereka hanya mengikuti patokan harga kontrak dari negara tujuan ekspor saja.

" Kami hanya mengetahui harganya dari kontrak ekspor yang di lampirkan ke ke kami, selebihnya kami tidak tau harganya pasar dunianya berapa, karena menurut mereka harganya cuma berdasarkan harga yang tercantum dalam kontrak dengan negara pembeli saja," Ungkapnya kepada Klikbabel.com, Senin (05/06/17).

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : Angga S
Sumber : klikbabel.com