• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Eks Lahan Waste PT Timah Terbengkalai

Sabtu, 03 Juni 2017 | 22:22 WIB
Siti zahara, Lurah Lontong Pancur
Loading...
  • Tokoh Masyarakat Lontong Pancur Tawarkan Diri Kelola Lahan

 

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Lama tidak diketahui, eks lahan pengolahan sisa timah (Waste) milik PT Timah.Tbk yang terdapat di Kelurahan Lontong Pancur diketahui telah dikelola oleh pihak ketiga yakni PT DAK. Kabar tersebut terkuak setelah Lurah Lontong Pancur, Siti Zahara bersama beberapa tokoh masyarakat sekitar langsung menemui perwakilan PT Timah beberapa waktu lalu untuk memintai penjelasan. Diungkapkan Siti, saat itu pihaknya menemui bagian Aset PT Timah selaku yang bertanggung jawab terhadap lahan.

"Saya bersama pak Jali dan warga tokoh masyarakat telah secara resmi mendatangi pihak PT Timah menemui bagian asetnya. Kita meminta kejelasan mengenai lahan dan bangunan eks Waste PT Timah dikawasan wilayah Lontong Pancur yang sudah terbengkalai tidak dimanfaatkan lagi penggunaannya," ujar Siti Zahara kepada klikbabel.com, Sabtu sore (03/06/17).

Sebagai Lurah setempat, Siti menyayangkan pengelolaan eks lahan waste tersebut tidak ia ketahui siapa pengelolanya hingga ia menerima jawaban jika yang mengelola ialah PT DAK. Bahkan Ia pun tidak mengetahui sejak kapan perusahaan itu mengelola waste. "Saya tidak tahu PT DAK ini yang pinjam pakai "kontrak" dengan pihak PT. Timah lahan eks waste, sistem seperti apa saya juga tidak mengetahui secara pasti. Juga tidak tahu bergerak dibidang dan bagian apakah PT tersebut. Saya baru mengetahui saat melakukan pertemuan dengan pihak aset PT Timah. Sampai sekarang tidak ada laporan masuk ke pihak kelurahan mengenai hal tersebut," singgungnya.

Hasilnya, PT DAK terkesan melakukan pembiaran terhadap eks lahan waste yang kini tidak terurus. Untuk itu dikatakan Siti, dalam pertemuan pihaknya dengan PT Timah, mereka mengajukan diri untuk melakukan pengelolaan lahan sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Kita sudah sampaikan agar pihak PT Timah bisa memberikan manfaat dan kontribusi atas lahan dan bangunan eks waste ini, biar kondisinya terurus dan tertata bersih dan rapi bukan dengan kondisi sekarang banyaknya tumpukan sampah, kolong-kolong garapan TI orang-orang yang tak bertangung jawab, dan adanya pendirian meja goyang buat pemisah timah yang sekarang ini, disitu juga ada ajang perjudian sabung ikan sepat," tegas Siti.

Ditempat yang sama, Bang Jali (70) yang juga salah satu tokoh masyarakat, membenarkan kabar pinjam pakai lahan itu. "Benar atau tidak kita baru mengetahuinya dari hasil pertemuan saya dengan Bu Siti lurah Lontong Pancur dengan bagian aset PT Timah berapa waktu yang lalu, kita mengajukan kepada pihak PT Timah agar ada pemanfaatan dan menjadi pemasukan kontribusi buat masyarakat sekitar. Apakah lahan dan bangunan dimanfaatkan buat lapangan olahraga, gedung serbaguna atau bisa buat tempat latihan kerja seperti bengkel dan lain-lain. Yang terpenting bisa dikelolah dengan baik demi masyarakat banyak. Bukan satu atau dua orang dimanfaakan buat pribadi seperti yang terjadi," ketusnya.

Loading...


Penulis  : Sumarwan
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com